Korban Penculikan Berhasil di Bebaskan

Korban Penculikan Berhasil di Bebaskan
Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro S.IK, MH, tengah memberi keterangan pers terkait kasus penculikan |Foto: Ist

SEURAMOE IDI -Tim Gabungan dari Subdit III Jatanras Polda Aceh, Polres Aceh Timur, Polres Lhokseumawe dan Polres Bireun berhasil membebaskan empat orang korban penculikan yang diduga dilakukan oleh kelompok Sofyan alias Abu Yan (40).


BACA JUGA:

Operasi pemebebasan itu dipimpin oleh Kasubdit Jatanras Polda Aceh Kompol Suwalto S.IK. Keempat korban penculikan merupakan warga Gampong Sungai Pauh Pusaka Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa berhasil dibebaskan dengan selamat.

Para korban yang dibebaskan Tim Gabungan merupakan satu keluarga terdiri dari suami, istri dan anak.

Mereka adalah Irwan Syahputra (28), Meta Isna Putri (25), Muhammad Abizar Harun (7) dan Naila Zahratul Sifa (2).

Hal itu di sampaikan oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro S.IK, MH, dalam Konferensi Pers Rabu (02/01/2019).

Kepada wartawan Kapolres menjelaskan, kasus ini terungkap setelah polisi menerima laporan dari Ratna Dewi (49), Jumat 28 Desember 2018 lalu.



Ratna Dewi melaporkan ke SPKT Polres Aceh Timur kalau anggota
keluraganya telah diculik oleh Sofyan alias Abu Yan.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Polres Aceh Timur langsung membentuk tim pembebasan terdiri dari Satuan Intelkam dan Reskrim. Tim itu di pimpin oleh Kasat Reskrim AKP Erwin Satrio Wilogo SH, S.IK, M.Si.

Kapolres menjelaskan, dari hasil penyelidikan tim, posisi korban terdeteksi berada dalam wilayah hukum Polres Lhokseumawe dan Polres Bireun. Lalu Kasat Reskrim Polres Aceh Timur melakukan koordinasi dengan Jatanras Polda Aceh, Polres Lhokseumawe dan Polres Bireun.

Setelah melakukan koordinasi, pada Senin (31/12/2018) tim menuju lokasi penyekapan yaitu di rumah istri pelaku Dusun Cot Husein Gampong Alue Iet Kecamatan Siblah Krueng Kabupaten Bireun.

“Tim berhasil menemukan korban dalam posisi kaki di rantai, lalu tim membebaskan mereka dengan selamat,” kata Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Warosidi, SH, MH dan Kasat Reskrim AKP Erwin Satrio Wilogo, SH, S.IK, M.Si.

Selain membebaskan korban tambah Kapolres, tim juga
berhasil menangkap pelaku yaitu Sofyan alias Abu Yan (45), T. Lala Sofyan Najib
(45), warga Gampong Cot Cemeurut Kecamatan Sungai Raya Aceh Timur, dan Dika
alias Andi (24), warga Gampong Simoang Juli Kecamatan Ketoul Aceh Tengah.

Bersama pelaku, petugas mengamanakan barang bukti berupa satu unit mobil Toyota Avanza Nomor Polisi BK 1760, dua buah handpone, rante dan gembok, satu lembar bendera Bulan Bintang serta satu buah obeng.

“Atas perbuatanya, para pelaku akan dijerat dengan Pasal
328 Jo Pasal 333 Jo Pasal 368 KUHP dan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang
Perlindungan Anak,” jelas Kapolres.

Sementara dua pelaku laian ARJ dan Bob yang diduga terlibat terlibat dalam kasus penculikan ini masih dalam pengejaran pihak kepolisian.(Tbn)

Komentar

Loading...