Alhamdulillah, Saudi Terbitkan Visa Umrah Indonesia

Alhamdulillah, Saudi Terbitkan Visa Umrah IndonesiaFoto : Net.
Pelaksanaan umrah dengan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi pada 3 Oktober lalu. | EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF HAJJ

SEURAMOE LUAR NEGERI - Kerajaan Arab Saudi belum mengeluarkan pengumuman resmi mengenai daftar negara-negara yang diperbolehkan mengirimkan jamaah umrah ke Tanah Suci. Kendati demikian, Saudi telah membuka akses bagi jamaah Indonesia untuk mengurus visa umrah. Bahkan, visa untuk calon jamaah umrah Indonesia sudah ada yang diterbitkan.

Saudi sebelumnya mengumumkan bahwa layanan umrah bagi jamaah luar negeri akan dimulai pada 1 November. Umrah hanya diperbolehkan bagi jamaah berusia 18 tahun sampai 50 tahun.

Wakil Sekretaris Jenderal Serikat Penyelenggara Umroh dan Haji (Sapuhi) Adji Mubarok mengatakan, Indonesia dan Pakistan menjadi negara yang diberikan akses oleh Saudi. Akses tersebut dinilai merupakan sinyal positif bahwa jamaah dari negara Indonesia bisa melaksanakan umrah di tengah pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah, kemarin Indonesia dan Pakistan menjadi negara yang diberikan akses umrah," kata Wakil Sekretaris Jenderal Serikat Penyelenggara Umroh dan Haji (Sapuhi) Adji Mubarok saat dihubungi, Jumat (30/10).

Adji yang juga pemilik Provider Visa PT Rafa Tour ini menyampaikan, pada Jumat pukul 03.00 WIB, visa untuk Indonesia dan Pakistan sudah diterbitkan. Ia pun kemudian memberikan contoh salah satu visa milik calon jamaah umrah. Dalam dokumen visa tersebut terlihat bahwa visa diterbitkan pada 29 Oktober 2020 waktu setempat dan berlaku hingga 28 November 2020. 

Menurut dia, Indonesia dan Pakistan diberikan akses umrah pada tahap ketiga karena merupakan penyumbang jamaah terbesar. Oleh karena itu, ia meminta kepada semua pihak yang berkepentingan dengan penyelenggaraan umrah dapat menaati regulasi yang dikeluarkan Arab Saudi.

Adji mengatakan, pemberian akses ini menjadi pertanda baik dan patut disyukuri. Apalagi, hampir sembilan bulan lamanya biro perjalanan umrah tak ada transaksi penjualan produk paket umrah.

Komentar

Loading...