Jaringan Irigasi Bermasalah, Belasan Ha Sawah di Abdya Terancam Gagal Tanam

Jaringan Irigasi Bermasalah, Belasan Ha Sawah di Abdya Terancam Gagal Tanam
Belasan hektar areal persawahan penduduk Desa Kuta Paya, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya, terancam gagal tanam, akibat jaringan irigasi bermasalah. Kamis, (18/3/2021) FOTO : SEURAMOE / JULIDA FISMA.

SEURAMOE BLANGPIDIE - Belasan hektar (ha) areal persawahan penduduk di kawasan Desa Kuta Paya, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya), terancam gagal tanam pada musim tanam kali ini. Pasalnya, jaringan irigasi yang mengaliri areal persawahan itu selama ini, sedang bermasalah.

Menurut Ridwan, Kepala Desa Kuta Paya Kamis (18/3/2021), ada sekitar 12 hingga 15 ha areal persawahan penduduk di desa yang dipimpinnya, terancam gagal tanam. Dimana katanya, areal persawahan dimaksud, kesulitan mendapatkan suplai air, dalam menunjang pembajakan dan penanaman mendatang.

“Sebenarnya, kendala masalah air ini bukan hanya musim tanam kali ini, musim tanam sebelumnya juga demikian. Warga tani hanya menunggu suplai air dari jaringan irigasi desa tetangga dan curahan hujan,” ungkapnya.

Selama ini tambah Kades Ridwan, belasan hektar areal persawahan warga Desa Kuta Paya, disuplai dari saluran DI Meunasah Tengah, yang berada sekitar kurang lebih 2 kilometer dari titik lokasi, melintasi areal persawahan wilayah Desa Gelanggang Batee, baru sampai ke Desa Kuta Paya.

Halaman12

Komentar

Loading...