Untuk Kelola Anggaran Kesehatan

DPRA Desak Pemerintah Bentuk BPJKA di Tahun 2021

DPRA Desak Pemerintah Bentuk BPJKA di Tahun 2021Foto : antaranews.com
DPRA Desak Pemerintah Bentuk BPJKA di 2021, untuk Kelola Anggaran Kesehatan.

SEURAMOE BANDA ACEH - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPR) Aceh dr Purnama meminta kepada Pemerintah Aceh agar segera membentuk Badan Pengelola Jaminan Kesehatan Aceh (BPJKA) pada tahun 2021 mendatang.

Pasalnya, total anggaran kesehatan gratis yang dikucurkan Pemerintah Aceh melalui Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2021 mendatang mencapai Rp1,1 triliun lebih, dengan jumlah calon penerima manfaat di Aceh sebanyak 2,1 juta jiwa.

“Tujuan pendirian BPJKA ini untuk memudahkan masyarakat Aceh dalam mendapatkan layanan kesehatan secara gratis dan lebih mudah,” kata Anggota Komisi V bidang Kesejahteraan dan Kesehatan DPR Aceh dr Purnama di Banda Aceh, Senin.

Menurutnya, BPJKA tersebut nantinya bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai provider layanan kesehatan milik pemerintah, sehingga diharapkan layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat Aceh diharapkan lebih baik dan maksimal.

Ia menegaskan pada tahun 2020 Pemerintah Aceh telah mengalokasikan anggaran sebesar hampir Rp1 triliun lebih dari dana APBA, untuk membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada BPJS Kesehatan.

Komentar

Loading...