Tindak Lanjuti Intruksi Menteri, Bupati Abdya Minta Keuchik Aktifkan Posko Covid-19 Ditiap Gampong

Tindak Lanjuti Intruksi Menteri, Bupati Abdya Minta Keuchik Aktifkan Posko Covid-19 Ditiap Gampong
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH. FOTO : SEURAMOE / JULIDA FISMA.

SEURAMOE BLANGPIDIE - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), mengintruksikan kepada seluruh Keuchik agar mengaktifkan kembali Posko Siaga Covid-19 di setiap Gampong dalam Kabupaten setempat.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim melalui surat Nomor: 443/637/2021, perihal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang diterima seuramoeaceh.com, Sabtu (29/5/2021).

Surat yang ditujukan kepada masing-masing Keuchik dan Camat itu sebagai bentuk menindaklanjuti surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Instruksi Gubernur Aceh tentang PPKM Mikro dan mengoptimalkan penanganan Covid-19 di tingkat gampong.

Bupati Akmal menjelaskan, pembentukan dan pengaktifan kembali posko di tingkat gampong itu dengan menetapkan atau melakukan perubahan regulasi tentang PPKM dan pelaksanaan posko Covid-19 di gampong.

Oleh sebab itu, Keuchik, tambah Bupati diminta untuk segera melakukan pergeseran mata anggaran pada APBG TA 2021 dengan menggunakan minimal 8% alokasi dana desa untuk kegiatan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di dalam gampong.

Hal tersebut, jelas Bupati Akmal sebagaimana telah diatur dalam Perbup Nomor 18 Tahun 2021 tentang perubahan Perbup Nomor 51 Tahun 2021 tentang tatacara pembagian dan penetapan rincian dana desa dan alokasi dana gampong, serta bagi hasil pajak retribusi kabupaten (BHPRK) untuk setiap gampong tahun 2021.

Halaman12

Komentar

Loading...