Terharu, Inilah Kisah Astronot Perempuan Pertama Indonesia

Terharu, Inilah Kisah Astronot Perempuan Pertama Indonesiapiqsels
Ilustrasi astronot saat berada di luar angkasa

SEURAMOE JAKARTA - Sering kita mendengar Ungkapan "wanita sebaiknya di rumah saja" tak berlaku bagi banyak perempuan Indonesia, salah satunya bagi Pratiwi Pujilestari Sudarmono. 

Andai tidak ada insiden meledaknya pesawat ulang-alik Challenger 28 Januari 1986, maka lima bulan berikutnya Pratiwi tidak hanya akan ke luar rumah. Namun bisa ke luar angkasa. 

Meskipun demikian Pratiwi Pujilestari Sudarmono, tetap menjadi astronot perempuan pertama Indonesia dan bahkan Asia. Hingga saat ini, belum ada seorang pun yang mengikuti jejak Pratiwi.

Pratiwi dijadwalkan terbang ke antariksa membawa satelit Palapa B3 dari pusat peluncuran roket di Florida, AS. Namun insiden Challenger itu membuat semua misi NASA ke luar angkasa ditangguhkan selama tiga tahun.

Dengan semangatnya Pratiwi pada waktu itu tengah menggarap suatu proyek untuk mengembangkan teknologi penyelidikan DNA. Rencananya, Pratiwi akan berangkat ke luar angkasa pada Juni 1986 bersama astronot Inggris untuk mengawal peluncuran satelit Palapa dan mengerjakan eksperimen ilmiah lainnya.

Sebelum diluncurkan, ia menjalani pemusatan latihan secara ketat dan padat di Amerika Serikat. Selain itu, persiapan juga dilakukakannya dengan menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Halaman12
Sumber:kompas.com

Komentar

Loading...