Pusat 'Suntik' Anggaran Rp 38 M untuk Lanjutan Pembangunan Jalan Dua Jalur di Abdya

Pusat 'Suntik' Anggaran Rp 38 M untuk Lanjutan Pembangunan Jalan Dua Jalur di Abdya
Jalan Dua Jalur di Kecamatan Susoh, Abdya. Kamis (8/4/2021). FOTO : SEURAMOE / JULIDA FISMA.

SEURAMOE BLANGPIDIE-Pemerintah Pusat akan meguncurkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 38 Milyar untuk lanjutan Pembangunan Jalan Dua Jalur Tahap III di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada tahun 2022 mendatang.

Wacana tersebut dibenarkan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Alfian Liswandar kepada seuramoeaceh.com, Kamis (7/4/2021) di Blangpidie.

"Rencananya anggaran Rp38 miliar itu, untuk pembangunan jalan dua jalur mulai dari Jembatan Pulau Kayu Kecamatan Susoh hingga ke Gampong Durian Rampak di kecamatan yang sama," ungkapnya.

Tambahnya, Anggaran Rp 38 Miliar itu digunakan untuk lanjutan pembangunan dengan panjang tiga kilometer. Usulan pembangunan jalan dua jalur tahap III itu, akan dilaksanakan pada 2022 mendatang dengan menggunakan APBN.

"Kalau tim dari Balai atau PPK 11 sudah mensurvey sepanjang 2 km, selanjutnya dievaluasi, mudah-mudahan lanjutan pembangunan jalan dua jalur batas Nagan Raya/Abdya-Blangpidie ini, dapat terealisasi pada 2022,” ujarnya.

Menurut Alfian, hasil tim survei ke lapangan, kemungkinan yang tersedia anggaran sebanyak Rp 26 miliar atau hanya untuk 2 kilometer. 

"Meskipun hanya 2 km kita tetap bersyukur, semoga sisanya bisa dilanjutkan 2023," harapnya.

Selain mengajukan pembangunan jalan dua jalur, Dinas PUPR Abdya ditahun 2022 juga pelebaran jembatan Pulau Kayu, Susoh sebesar Rp15 miliar.

"Harapan kita, dua program ini bisa terwujud dan disetujui oleh pihak kementrian" pungkas Alfian.(*)

Komentar

Loading...