Ini Hukum Membicarakan Aib Sendiri Kepada Orang Lain

Ini Hukum Membicarakan Aib Sendiri Kepada Orang LainSindonews
Ilustrasi.

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun ingat untuk segera bertobat ketika melakukan kesalahan. Dengan taubat nasuha atau taubat yang sebenar-benarnya.

Kadang ketika kumpul dengan teman-teman, tak sengaja kita menceritakan kesalahan-kesalahan kita pada orang lain. Entah sedang bercanda, sekedar curhat atau iseng.

Lalu bolehkah dalam Islam menceritakan aib sendiri ke orang lain?

Islam melarang kita untuk membuka atau menceritakan aib sendiri setelah Allah SWT menutupnya. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat.

Telah menceritakan kepada kami Abdul ‘Aziz bin Abdullah, telah menceritakan kepada kami Ibrohim bin Sa’d dari anak saudaraku Ibnu Syihab dari Ibnu Syihab dari Salim bin Abdullah, dia mengatakan, “Aku mendengar Abu Hurairah mengatakan, “Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

“Setiap ummatku akan mendapatkan ampunan dari Allah Azza wa Jalla kecuali al Mujaahiriin yaitu semisal ada seorang laki-laki yang mengerjakan sebuah perbuatan (buruk) pada malam hari kemudian ia menjumpai waktu subuh dan Allah telah menutupi aibnya (berupa perbuatan buruk).

Sumber:Wajibbaca.com

Komentar

Loading...