Wow! Janda Bolong di Bogor, Terjual Dengan Harga Rp35 Juta

Wow! Janda Bolong di Bogor, Terjual Dengan Harga Rp35 JutaFoto : Net.
Wow! Janda Bolong di Bogor, Terjual Dengan Harga Rp35 Juta

SEURAMOE JAKARTA - “Nggak nyangka”. Kata tersebut keluar pertama dari bibir Lina Dwi Jayanti. Betapa tidak, berawal dari hobi mengoleksi tanaman, ia mendapat keuntungan yang berlipat-lipat. Bahkan, greenhouse-nya sekarang dipenuhi ratusan tanaman berbagai jenis monstera variegata. Tak ayal, tanaman itu kini menjadi aset yang cukup fantastis.

IA masih mengingat betul harga pertama monstera va­riegata yang dibelinya. Yakni sekitar Rp100 ribu. Itu pun sudah dapat ukuran besar. Perjalanannya di bisnis tanaman memang cukup panjang. Ber­mula pada 2016. Saat itu ia menjaga stan bunga di Se­lecta milik orang tuanya. Ka­rena ramah, Lina disenangi pelanggan. Bahkan diajak berbisnis bersama.

Pertama, bisnis yang ia geluti adalah bunga petik. Jenisnya Holland Hydrangea. Bisa dibi­lang tanpa modal. Sebab, ia membeli bunga dari petani setelah ada pembayaran dari konsumen. Setahun terakhir, penjualan bunga Holland Hydrangea menga­lami penurunan. ”Untung­nya, dari bisnis itu sudah terkumpul banyak modal,” ucap Lina.

Akhir 2017, ia dikenalkan seorang teman tentang tanaman monstera varie­gata. Lina menyebut dulu harganya tidak seperti sekarang. Empat daun dijual cuma Rp100 ribu. Belum setahun, harga monstera variegata sudah mu­lai naik. Namun, kenaikannya tidak signifikan. Hanya berkisar Rp750 ribu untuk ukuran besar.

Karena hobi dan tertarik pada monstera variegata, Lina mulai mengoleksi monstera. Sekitar awal 2018, ia dan sua­minya mulai mengembangbi­akkan monstera. Tepatnya di greenhouse miliknya di Jalan Raya Sidomulyo, Kota Batu.

Lina berburu jenis monstera baru hingga ke Bogor, Jawa Barat. Di sana ia mendapatkan jenis langka. Yakni monstera Adansonii Variegate atau yang kerap disebut janda bolong. Baik yang berwarna kuning maupun putih. Ukurannya sekitar tiga sentimeter. Namun, daunnya sudah cantik.

Terda­pat corak khas variegata. Meski daunnya belum berlubang, harganya sangat wow. Yakni sekitar Rp35 juta yang berwarna kuning dan Rp30 juta untuk yang berwarna putih. Menda­patkannya tidak mudah ka­rena langka di pasaran.(*)

Komentar

Loading...