Tingkatkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi

Bupati Aceh Selatan Laksanakan Program Tanam Serentak

Bupati Aceh Selatan Laksanakan Program Tanam SerentakFoto : tribunnews.com
Bupati Aceh Selatan Tgk Amran bersama Forkopimda melakukan tanam padi serentak program ketahanan pangan masa pandemi covid-19 di Gampong si Lolo Kecamatan Pasie Raja, rabu (14/10/2020).

SERAMOE TAPAKTUAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran bersama Forkopimda melakukan tanam padi serentak program ketahanan pangan masa pandemi Covid 19 di Gampong Silolo, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (14/10/2020).

Kejrun Blang Silolo, Tengku Sulaiman selaku tokoh masyarakat mengatakan Kecamatan Pasie Raja saat ini luas areal persawahan seluruhnya 750 H, namun yang dapat dikelola saat ini hanya separuhnya saja sehingga banyak sawah yang tidak dapat diproduksi sehubungan dengan tidak adanya akses air.

"Hal ini terjadi karena penyumbatan dan pendangkalan saluran irigasi yang ada. Selaku Kejrun Blang kami sangat berharap kepada Pemerintah Daerah agar irigasi yang ada dapat diperbaiki sehingga bisa berfungsi kembali," paparnya.

Tgk Amran dalam sambutannya mengatakan bahwa kita patut bersyukur atas peningkatan jumlah sawah produktif yang ada di Gampong Silolo oleh karena itu harus terus berupaya agar kebutuhan pangan secara nasional dapat terpenuhi walaupun di masa pandemi ini.

"Banyak hal yang harus ditangani oleh Pemerintah Daerah saat ini termasuk lah pembuatan irigasi sehingga bila hal ini nanti telah dilaksanakan maka sawah-sawah akan teraliri, bila ada lahan sawah yang saat ini belum teraliri Bupati berharap kepada warga masyarakat pemilik lahan agar dapat menanam Jagung sebagai alternatif," paparnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan saat ini ini Pasie Raja sudah dapat mengikuti pola tanam secara nasional yakni 5 kali panen dalam 2 tahun hal ini dicapai dengan adanya kerja sama antar semua pihak.

Hadir pada acara tanam padi serentak program ketahanan pangan masa pandemi covid 19 Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol inf R Sulistya Herlambang HB, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho Sik,SH, MH kajari Aceh Selatan Fajar Mufti SH, MH.

Selain itu juga hadir anggota DPRK Martunis Kadis Pertanian Aceh Selatan, Yulizar SP MM dan Pasiter Kodim 0107 Aceh Selatan Lettu inf Pria utama serta unsur Forkopimcam Kecamatan Pasie Raja dan dan tokoh masyarakat serta masyarakat dan petani setempat.(*)

Komentar

Loading...