Tgk Yusri S: Qanun Retribusi Sampah Sudah Berjalan Semestinya

Tgk Yusri S: Qanun Retribusi Sampah Sudah Berjalan Semestinya
|FOTO: SEURAMOE/MAHLIL

SEURAMOE CALANG - Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S mengatakan pelaksanaan qanun Nomor 10 tahun 2020 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan dan penyedotan tinja di Aceh Jaya sudah berjalan semestinya.

Namun seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, perkembangan dunia usaha dan perubahan pola konsumsi masyarakat, menimbulkan bertambahnya volume sampah yang semakin beragam sehingga berpengaruh pada kesesuaian objek restribusi pada qanun Nomor 10 tahun 2020.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S dalam rapat paripurna ke - XVIII masa persidangan III tahun sidang 2020 - 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Kamis (15/7/2021).

"Hal ini mengakibatkan kemampuan pelayanan persampahan semakin terbatas terutama menyangkut dengan biaya operasional pengelolaan sampah yang juga terus meningkat setiap tahunnya, sehingga pelaksanaan qanun kabupaten Aceh Jaya Nomor 10 Tahun 2010 memerlukan peninjauan dan penyesuian kembali khususnya pada pasal 8 ayat 2 yang mengatur tentang tentang struktur dan besarnya tarif retribusi sampah." Kata Tgk Yusri S.

Tgk Yusri S menyebutkan bahwa pemerintah daerah bertugas menjamin terselenggaranya pengelolaan sampah yang baik dan berwawasan lingkungan.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam pengelolaannya diperlukan penanganan yang serius dan biaya yang memadai.

"Salah satu sumber pembiayaan persampahan yang sangat berkontribusi dalam membantu meningkatkan pelayanan persampahan dan penyedotan tinja adalah dari retribusi sampah yang dibayar oleh masyarakat atau badan usaha," Sebutnya.

Ia menambahkan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan dan penyedotan tinja merupakan salah satu kewenangan daerah dan dapat menjadi sumber pendapatan daerah (PAD) yang cukup potensial.

"Khusunya untuk menutupi biaya operasional pengelolaan sampah yang terus meningkat dari tahun ke tahun," tutupnya.

Komentar

Loading...