Ternak Sering Rusak Pagar, Petani Nilam di Aceh Jaya Minta Perhatian Pemerintah

Ternak Sering Rusak Pagar, Petani Nilam di Aceh Jaya Minta Perhatian Pemerintah
|FOTO: SEURAMOE/MAHLIL

SEURAMOE CALANG - Sejumlah masyarakat petani Nilam di Desa Rentang, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya mengeluhkan puluhan hewan ternak masuk ke area perkebunan dan merusak tanaman Nilam.

Salah satu petani Nilam Desa Reuntang, Rijal mengaku, Puluhan hewan ternak baik kerbau maupun sapi sejak dua bulan lalu mulai masuk ke area perkebunan tanaman Nilam dengan cara merusak pagar.

Sambungnya, binatang peliharaan tersebut menginjak tanaman Nilam sehingga petani kualahan harus memperbaiki pagar setiap kali hewan ternak masuk ke kebun nilan bahkan hingga dua kali dalam seminggu.

"Para petani disini sangat kualahan harus memperbaiki pagar tiap minggunya, dan kami (petani Nilam) sangat membutuhkan kawat berduri untuk pagar agar terhindar dari gangguan kerbau dan sapi," kata Rijal kepada Seuramoeaceh.com, Rabu (28/7/2021).

Karena terkendala biaya, tambahnya, selama ini para petani membuat pagar dari kayu dan pelepah kelapa sawit yang diikat, sehingga sangat mudah di rusak binatang peliharaan masyarakat tersebut.

"Akibat kejadian itu, Petani mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah," ungkapnya.

Halaman12

Komentar

Loading...