Satu Unit Rumah Warga di Aceh Selatan Terbawa Arus Sungai

Satu Unit Rumah Warga di Aceh Selatan Terbawa Arus Sungai
Ilustrasi Satu Unit Rumah Warga di Aceh Selatan Terbawa Arus Sungai. FOTO : fajar.co.id

SERAMOE TAPAKTUAN - Hujan lebat yang mengguyur Aceh Selatan secara keseluruhan sejak Kamis (13/5/2021)  mengakibatkan terjadinya berbagai bencana.

Mulai dari banjir, tanah longsor, hingga hilangnya rumah warga Keude Padang, Kecamatan Kluet Utara yang terseret arus sungai Kluet.

5 unit rumah lainnya terpaksa harus dibongkar oleh masyarakat karena sudah berbatasan langsung dengan sungai.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP, Selasa (18/05/2021) membenarkan kejadian tersebut.

Ia mengatakan akan terus melakukan upaya penanganan terhadap luapan sungai Kluet yang berdampak ke wilayah muara Keude Padang Kluet Utara. 

"Kita terus berkoordinasi dengan BPBA dan BNPB Pusat untuk mencari solusi penanganan, karena saat ini masih ada 35 Rumah masyarakat lagi yang terancam akan terseret arus," kata Kalak BPBD Aceh Selatan.

Ia menambahkan, sebelumnya di daerah tersebut, yakni pada tahun 2017 hingga 2020 lalu sudah pernah terjadi hal serupa bahkan sampai menyeret 12 Rumah ke dalam sungai.

"Kita berharap akan segera ada ketersediaan Anggaran baik itu dari APBA, APBN maupun dari BNPB untuk menyelesaikan masalah ini," pungkas Kalak.(*)

Komentar

Loading...