Pemkab Aceh Tenggara Tidak Buka Lowongan CPNS, Warga Kecewa

Pemkab Aceh Tenggara Tidak Buka Lowongan CPNS, Warga Kecewa
Kantor BKPSDM Kabupaten Aceh Tenggara. |Foto: SEURAMOE/ANDRI WULANDIKA

SEURAMOE KUTACANE - Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) tahun 2019 ini tidak membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agara, Masudin kepada Seuramoeaceh.com, Rabu (20/11) melalui seluler.

“Alasan kita tidak membuka lowongan CPNS karena Dana Alokasi Khusus (DAU) Aceh Tenggara sebanyak 60 persen untuk membayar gaji PNS yang seharusnya hanya 50 persen,” jelas Masudin.

Alasan lain menurut Masudin, berdasarkan data hingga Agustus 2019 jumlah PNS dilingkup Pemkab Agara sudah mencapai 5.180 orang. Itu artinya kebutuhan PNS telah mencukupi.

“Baik dibidang tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, penyuluh pertanian maupun birokrasi pemerintahan sudah lengkap disemua SKPK dan 16 Kecamatan di Aceh Tenggara,” jelas Masudin.

Tidak dibukanya lowongan CPNS tahun ini membuat sejumlah warga Agara mengaku kecewa karena terpaksa mengikuti tes CPNS ke daerah lain.

“Karena tidak dibuka lowong CPNS di Aceh Tenggara, saya terpaksa mengikuti di Aceh Barat,” kata Kadri Desky warga Desa Pinding Kecamatan Lawe Sumur kepada Seuramoeaceh.com, Senin (18/11/209).

Sementra Supardi terpaksa mengurungkan niatnya untuk mengikuti CPNS dikarenakan keterbatasan biaya baik untuk transportasi, akomodasi maupun konsumsi bila mengikuti seleksi CPNS didaerah lain.

“Awalnya punya niat untuk ikut seleksi CPNS, namun karena di Agara tidak dibuka lowongan CPNS kita harus mengikuti ke Kabupaten lain. Tapi karena keterbatasan biaya, niat itu terpaksa saya urungkan,” keluh Supardi kepada Seuramoeaceh.com Selasa (*)

Komentar

Loading...