Mahasiswa Tarbiyah dan dakwah STAIN Meulaboh Studi ke Situs Sejarah

Mahasiswa Tarbiyah dan dakwah STAIN Meulaboh Studi ke Situs Sejarah
|Foto: Ist

SEURAMOE MEULABOH - Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)  Teungku Dirundeng Meulaboh melakukan studi ke wisata sejarah dalam program mata kuliah sejarah Indonesia dan dunia.

Sebanyak 61 mahasiswa STAIN mengunjungi sejumlah situs bernilai sejarah seperti Makam Poe Temeruhom, RSUD Cut nyak Dhien, Makam Syiah Kuala, Makam Iskandar Muda, Museum Aceh, dan taman Putro Phang.

Selain itu, dalam program ini para mahasiswa STAIN Meulaboh akan mengikuti kuliah umum bersama Assoc. Prof Dr Shukree Langputeh Wakil Rektor (Warek) Bidang Luar Negeri Fatoni University Thailand.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa didampingi oleh Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan,  Junias Zulfahmi MA, Sekretaris Jurusan Dakwah Mutia Tisa M, Kom.I, dan Ketua Prodi PGMI Masni Zaini, MA.

Syahwaludin MA, dosen Tarbiyah mengatakan, ini merupakan program tahunan bagi mahasiswa. Di harapkan dengan mengunjungi situs situs bersejarah para mahasiswa dapat memahami secara detail tentang bagaimana sejarah itu terjadi.

Ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Junias Zulfahmi, MA mengatakan, program ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mata kuliah sejarah Indonesia dan Dunia.
“Dengan kegiatan seperti ini mahasiswa bisa secara langsung melihat lokasi lokasi bersejarah,” kata Junias Zulfahmi.

Fahmi menambahkan, dalam kegiatan ini bukan hanya kunjungan ke destinasi sejarah, tapi juga diadakan kuliah umum bersama Prof Shukree dari Universitas Fathani Thailand.

Kuliah umum itu dilakukan sebagai upaya dari STAIN Teumgku Di Rundeng dalam upaya menjajakan kerja sama antara STAIN Meulaboh dengan  Fatoni University Thailand.

“Kerja sama yang dijajaki khusus dalam bidang peningkatan mutu pendidikan, seperti penelitian atau riset, pengabdian dan kajian ilmiah lainnya seperti seminar, atau kuliah umum,”  jelas Fahmi (*)

Komentar

Loading...