Jokowi Kecam Keras Pengusiran Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

Jokowi Kecam Keras Pengusiran Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato untuk ditayangkan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu 23 September 2020. Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin dunia untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas.

SEURAMOE NASIONAL - Presiden Joko Widodo mengutuk keras tindakan pengusiran warga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur dan kekerasan yang dilakukan pasukan Israel di Masjid Al-Aqsa. Jokowi menegaskan bahwa hal seperti ini tak bisa diabaikan.

"Indonesia mengutuk aksi tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel," kata Jokowi dalam Twitter pribadinya, @jokowi, Senin, 10 Mei 2021.

Ratusan warga Palestina terluka sejak Jumat pekan lalu ketika pasukan Israel menyerang jemaah di Masjid Al Aqsa. Petugas juga menghalau protes yang diadakan untuk solidaritas kepada keluarga Palestina di Sheikh Jarrah.

Sejak awal Ramadan pada pertengahan April, warga Palestina bentrok setiap malam dengan polisi Israel yang memasang penghalang untuk menghentikan pertemuan malam di Gerbang Damaskus Kota Tua setelah berbuka puasa.

Dalam twitternya pula, Jokowi menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina. "Indonesia akan terus berdiri bersama rakyat Palestina," kata Jokowi.

Dukungan terhadap Palestina tak hanya datang dari Indonesia. Arab Saudi dan Uni Emirat Arab juga ikut mengecam tindakan Israel. Menurut kedua negara tersebut, Israel telah bertindak kelewatan.

"Arab Saudi menolak rencana dan langkah Israel untuk menggusur puluhan warga Palestina dari rumah mereka di Yerusalem dan kemudian mengklaim kedaulatan di sana," ujar Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dalam keterangan persnya, Sabtu, 8 Mei 2021.(*)

Sumber:tempo.co

Komentar

Loading...