Bunda Harus Tahu

Ini Lima Nama Indah Anak Terdapat Dalam Al Quran

Ini Lima Nama Indah Anak Terdapat Dalam Al Quran
Ilustrasi anak perempuan. Fnb/ SeuramoeAceh.com

Al QURAN Bisa dijadikan sumber inspirasi untuk menemukan nama-nama baik dan indah bagi anak perempuan Anda.

Dalam Al Quran terdapat banyak alternatif nama bernuansa islami baik disebut langsung atau hanya turunan akar kata.

Berikut Lima Nama Indah dari Al Quran:

1. Aiza

Aiza terdapat dalam surat Al Maidah ayat 54 dan memiliki arti yang perkasa, dihormati, serta mulia. Dalam bahasa Austronesian, Aiza digunakan sebagai variasi kata cariza yang bermakna amal.

Aiza juga digunakan oleh suku Basque di Spanyol dan memiliki makna batu atau karang yang terjal. Selain ejaan ini, mereka juga memakai Aritza, Aritsa, Ariza, atau Aixa.

Oleh suku Basque, Aritsa dimaknai kehormatan atau pemimpin terhormat. Karena itulah beberapa kali dipakai sebagai julukan raja termasuk Raja Inigo Iniquez di Spanyol.

Nama Aiza juga digunakan beberapa selebriti dunia seperti Aiza Marquez dan Aiza Seguerra. Selain itu juga dipakai sebagai nama panggung model Pakistan Ayesha Khan.

2. Hilya

Anda dapat menemukan Hilya dalam surat An Nahl ayat 14. Ayat ini menerangkan Allah telah menundukkan lautan, sehingga kita bisa mengambil perhiasan dari dalamnya.

Hilya memang berarti perhiasan, kata yang cantik dan cocok dijadikan nama anak perempuan Islami. Maknanya mirip dengan Zayn Turki. Hilya bermakna lembaran kaligrafi dan genre seni di sana.

Selain Hilya, Anda bisa memakai ejaan lain yang tak kalah cantiknya, yakni Hilyah. Keduanya juga bisa diartikan perilaku yang baik dan dijadikan doa untuk buah hati Anda.

3. Mafaza

Bila Anda mengharapkan anak selamat dan sukses, Mafaza cocok untuk namanya. Mafaza bisa diartikan kesuksesan besar dan keselamatan.

Mafaza ada di Al Quran surat Ali Imran ayat 188 dan Az Zumar ayat 61. Ayat Az Zumar 61 ini berisi janji Allah untuk menyelamatkan orang-orang bertaqwa.

4. Nuha

Jarang ada yang menjadikan Nuha sebagai nama buah meraka. Padahal, nama anak perempuan Islami (Nuha) memiliki arti yang sangat baik.

Nuha dapat diartikan rasa, pikiran, kecerdasan, dan kemampuan untuk berpikir.

Di Al Quran, Nuha disebutkan sebanyak dua kali, yaitu di surat Thaha ayat 54 dan 128. Di kedua ayat tersebut, diterangkan bahwa Allah sudah memberikan tanda-tanda bagi orang yang berakal.

5. Marzia

Marzia disebutkan langsung dalam surat Al Fajr ayat 28. Marzia atau Mardhia bermakna dia yang diridhai Allah atau dia yang puas dengan kondisinya sendiri.

Marzia juga digunakan dalam bahasa Italia yang berarti pertahanan atau laut. Nama ini digunakan oleh seorang desainer dan penulis wanita asal Italia, Marzia Bisognin.

Komentar

Loading...