Jacinda Ardern Menang Telak dalam Pemilu Selandia Baru

Jacinda Ardern Menang Telak dalam Pemilu Selandia BaruFoto : Net.
AP Photo/Mark BakerĀ  Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

SEURAMOE LUAR NEGERI -- Partai Buruh yang mengusung Perdana Menteri Jacinda Ardern menang telak dalam pemilihan umum Selandia Baru pada Sabtu. Kemenangan ini adalah hadiah dari para pemilih atas respons cepat tegas Ardern terhadap Covid-19.

Dengan kemenangan telak itu, Ardern (40) dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama.  Ini adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sejak Selandia Baru menerapkan sistem pemilihan proporsional 24 tahun yang lalu.

Biasanya partai harus membentuk koalisi untuk dapat memerintah, tapi kali tampaknya Ardern dan Partai Buruh akan menjadi penguasa satu-satunya."Ini adalah perubahan bersejarah," kata komentator politik Bryce Edwards dari Universitas Victoria di Wellington. 

Ia menggambarkan pemungutan suara itu sebagai salah satu perubahan terbesar dalam sejarah pemilihan umum Selandia Baru dalam 80 tahun.

Partai Buruh berada di jalur untuk memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen negara itu, yang merupakan capaian tertinggi oleh partai mana pun sejak Selandia Baru mengadopsi sistem pemungutan suara proporsional pada 1996.

Partai Buruh yang Ardern pimpin mendapatkan suara hampir dua kali lipat dari lawannya Partai Nasional.

"Tampaknya ini kemenangan terbaik kami sejak tahun 1940-an, pertama-tama dan paling utama ini tidak hanya prestasi yang luar biasa bagi perdana menteri, tapi juga seluruh tim Buruh dan pergerakan Buruh," kata Menteri Tenaga Kerja David Parker, Sabtu (17/10).

Jumlah pemilih yang memberikan suara dua pekan lebih awal dari hari pemungutan suara mencetak rekor. Selama kampanye, Ardern tampak seperti bintang yang dipuja kemana pun ia pergi.

Popularitasnya meroket pada awal tahun ini setelah berhasil menghilangkan virus Corona dari Selandia Baru. Saat ini sudah tidak ada kasus Covid-19 aktif di negara berpenduduk 5 juta orang itu.

Tidak seperti sebagian besar negara lain di dunia, masyarakat Selandia Baru sudah tidak lagi diwajibkan memakai masker dan jaga jarak di ruang publik. Pada masa jabatan periode pertama tahun 2017 lalu Ardern harus membentuk koalisi dengan dua partai lainnya.

Satu tahun berikutnya ia pemimpin dunia kedua yang melahirkan saat menjabat. Ia menjadi sosok idola bagi para ibu pekerja di seluruh dunia. Banyak orang yang menilai Ardern kebalikan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.  

Halaman12

Komentar

Loading...