Perlu Anda Ketahui

Inilah Ciri-ciri Umat Rasulullah Paling Celaka

Inilah Ciri-ciri Umat Rasulullah Paling Celaka
Klaigrafi Baginda Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

MASIH Berkaitan tentang akhlak, semua orang pasti ingin dihormati dan dihargai. Sebagian memilih jalan senyuman dan akhlak untuk meraih respect dari orang sekitarnya.

Sebagian yang lain membuang senyumnya, mengeraskan suaranya, menyeramkan wajahnya agar ia ditakuti dan dihormati.

Ia tampil dengan sesangar-sangarnya agar tidak ada yang berani membantah atau melawannya. Semua harus tunduk dan menuruti keinginannya.

Rasul pun bersabda mengenai tipe manusia seperti ini, beliau bersabda, “Umatku yang paling celaka adalah orang yang dihormati karena orang lain takut kepadanya.”

Tak perlu wajah seram untuk dihormati. Sebelumnya kita telah melihat bahwa salah satu keuntungan dari akhlak yang baik bukan hanya memperoleh penghormatan saja,

Tapi bisa menumbuhkan cinta dan kasih sayang. Seperti kisah Rasulullah yang merubah kebencian seseorang pada dirinya hanya dengan kebaikan akhlaknya.

Sebagian bertanya, “Tapi ini telah menjadi watak dan karakter saya? Sudah dari dulu watak saya keras, mudah marah dan sulit berlemah-lembut. Ini sudah bawaan dari kecil dan tidak bisa diubah"

Kita akan jawab, “Tidak ada sesuatu yang tidak bisa diubah!”

Dalam tubuh kita ada organ yang bergerak secara otomatis dan diluar kendali kita. Seperti detak jantung yang memompa darah dan perut yang mencerna makanan. Tapi ada pula organ yang bisa kita kendalikan. Seperti menggerakkan tangan dan kaki.

Halaman12
Sumber:Eramuslim

Komentar

Loading...