Bunda Mesti Tau

Ini Tiga Hal Agar Anak Tidak Menjadi Pelaku Bullying

Ini Tiga Hal Agar Anak Tidak Menjadi Pelaku Bullying
Ilustrasi anak |FOTO: PIXABAY

SEURAMOEACEH | Kewajiban orangtua tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan, tapi juga perlu menanamkan nilai kehidupan pada anak. Termasuk mengajari anak untuk berempati dan tidak melakukan tindakan perundungan atau bullying.

Psikolog Klinis Hanlie Muliani mengatakan, anak perlu diajarkan untuk memiliki sikap empati agar bisa lebih peka dan memahami kondisi orang lain, khususnya mereka yang lahir dengan kondisi keterbatasan.

Orangtua juga perlu mengingatkan anak untuk tidak menjadikan kekurangan orang lain sebagai bahan candaan atau olok-olokan. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua yang disarankan Hanlie.

1. Memancing Anak untuk Berpikir
Empati, kata Hanlie jadi sikap penting mencegah aksi bullying yang dilakukan anak dan orang dewasa. Cara merangsang sikap empati pada anak bisa dilakukan dengan mengajak anak berpikir dan memahami situasi.

Menjelaskan bahwa tidak ada satupun orang di dunia yang bisa memilih lahir dari orangtua, warna kulit dan bentuk fisik tertentu.

"Artinya semua ketika kita terlahir dengan kondisi apapun, itu artinya bener-bener pemberian tuhan," jelas Hanlie dalam acara diskusi Smile Train beberapa waktu lalu.

Halaman12
Sumber:Suara.com

Komentar

Loading...