Indonesia Prakarsai Resolusi Ketahanan Kesehatan Global

Indonesia Prakarsai Resolusi Ketahanan Kesehatan GlobalFoto : republika.co.id
EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK´┐╝ Seorang perawat menyuntikkan vaksinasi kepada seorang anak selama program vaksinasi polio dan difteri di Banda Aceh, Indonesia, 04 November 2020.

SEURAMOE NASIONAL - Indonesia menginisiasi resolusi PBB mengenai kesehatan global dan kebijakan luar negeri, Senin (14/12) waktu setempat. Prakarsa Indonesia ini didukung oleng 181 negara anggota PBB lainnya.

Resolusi tersebut yakni "Global Health and Foreign Policy: Strengthening Health System Resilience through Affordable Healthcare for All" yang menekankan mengenai pentingnya layanan kesehatan yang mudah diakses dan terjangkau untuk perkuat sistem ketahanan kesehatan global. Resolusi ini difasilitasi Indonesia bersama Afrika Selatan, Brasil, Norwegia, Perancis, Senegal, serta Thailand.

"Resolusi ini adalah bukti nyata kiprah Indonesia dalam memperjuangkan solidaritas global terkait kerja sama kesehatan, khususnya di masa pandemi Covid-19, dan hal ini juga merupakan terobosan penting karena akses dan layanan kesehatan yang terjangkau menjadi perhatian semua pihak," ujar Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dalam keterangan pers yang diterima Republika, Selasa (15/12).

Inisiatif Indonesia disebut bentuk nyata tindak lanjut dari pernyataan Presiden RI Joko Widodo saat memberikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB ke-75. Saat itu, Jokowi menekankan pentingnya kolaborasi dan collective global leadership dalam penanganan pandemi.

Halaman12

Komentar

Loading...