Harga Biji Pinang Kering di Abdya Tembus Rp 27.000/Kg

Harga Biji Pinang Kering di Abdya Tembus Rp 27.000/Kg
Wakil ketua umum Kadin Aceh, korwil barat selatan, H Syamsidik Ibrahim memperlihatkan biji pinang kering di Blangpidie, Aceh Barat Daya, Kamis (16/9/2021) |FOTO: SEURAMOE/ JULIDA FISMA.

SEURAMOE ACEH | Petani di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merasa gembira karena dalam sebulan terakhir harga biji pinang kering di daerah itu sangat menjanjikan, yakni mencapai Rp25 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram

“Dua hari lalu, biji pinang kering kami tampung dengan harga Rp27 ribu perkilogram. Hari ini sudah turun jadi Rp25 ribu karena musim hujan,”kata pengusaha pengumpul biji pinang kering, Abdul Kadir kepada Wartawan, Kamis (16/9/2021) di Blngpidie.

Menurut Abdul Kadir, turunnya harga pinang dari Rp27 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram tersebut karena disebabkan persentase biji pinang yang dijual ke agen pengumpul tidak begitu kering lantaran tengah musim hujan.

“Saya yakin tidak lama harganya kembali naik. Jadi, dengan membaiknya harga komoditi ini tentu petani di Abdya semakin termotivasi dalam menanam dan membersihkan kebun yang sebelumnya tidak terurus,”ujarnya

Menurutnya, tingginya harga biji pinang hingga capai Rp27 ribu perkilogram menajadi cacatan berharga bagi petani. Pasalnya ketika pandemi COVID-19 tengah melanda Indonesia, pinang menjadi penyangga ekonomi petani.

Halaman12

Komentar

Loading...