Gawat! Virus Lebih Mematikan Dari Corona Muncul di Afrika

Gawat! Virus Lebih Mematikan Dari Corona Muncul di AfrikaTEROPONGSEUNAYAN

ABUJA - Belum lagi kecemasan dunia soal virus corona mereda. Kini muncul lagi virus baru dan disebut-sebut lebih mematikan dari corona.

Dilansir The Guardian, virus ini mulai mewabah akhir Januari lalu di Nigeria Afrika, tepatnya di negara bagian Benue sebelah tenggara ibu kota Abuja. 

Orang terserang virus ini awalnya mengalami muntah, radang dan diare. Sementara virus corona gejalanya diawali demam dan flu sebelum dinyatakan terinfeksi virus corona.

Virus ini hanya butuh waktu kurang dari 48 jam atau dua hari setelah terinfeksi untuk membunuh penderitanya.

Dibandingkan dengan virus corona, penyakit itu butuh waktu selama 14 hari pada masa inkubasi.

Dilansir Teropong Senayan Selasa (12/02/2020), 15 orang dilaporkan meninggal dunia dan 100 orang  terinfeksi virus misterius ini.

Menteri Kesehatan Nigeria, Osague Enharie mengatakan penyakit ini bukan Ebola atau Lassa yang memang terkenal menyebar di Afrika.

Namun, penyakit ini juga bukan diidentifikasi sebagai virus corona karena gejala yang muncul berbeda.

Osague telah mengumumkan kepada Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC) tentang situasi penyakit ini. Operasi tanggap darurat telah dilaksanakan di daerah yang terkena penyakit tersebut.

Belum terkonfirmasi pasti penyebab dan rai mana asal virus tersebut. Tapi berat dugaan virus ini muncul dari bahan kimia yang digunakan untuk menangkap ikan. (*)

Komentar

Loading...