Dituding Telantarkan Pasien, ini kata Kapus Kuala Batee

Dituding Telantarkan Pasien, ini kata Kapus Kuala Batee
Seorang Pasien dilarikan ke RSUTP Abdya dengan menggunakan becak motor. Selasa, (5/11/2019) | SEURAMOE/JULIDA FISMA.

“Mungkin keluarga pasien salah paham. Tidak ada niat kita menelantarkan pasien, apa lagi melalaikan tugas, bahkan waktu dia (Pasien) pulang semalam dipapah oleh dokter dan petugas menaiki kenderaan, tentu kita mengupayakan yang terbaik juga buat masyarakat kita,”

SEURAMOE BLANGPIDIE - Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya Murti membantah pihaknya tidak melayani pasien yang berobat di puskesmas wilayah itu.

Kata dia, setelah ia menjumpai petugas (Dokter-red) yang menagani pasien atas nama Syarifah Ali (67) warga Desa Geulanggang Gajah Kecamatan Kuala Batee itu dengan keluhan sakit perut dan kaki sebelah kari tidak bisa digerakkan.

“Menurut dokter yang bertugas, pasien tidak termasuk emergency atau dalam keadaan darurat. Obat yang diberi dokter semalam untuk keluhan sakit perut,” kata Murti kepada wartawan Selasa, (5/11/2019) malam.

Dikatakannya, dokter yang bertugas semalam menyarankan kepada keluarga pasien untuk merujuknya keesokan hari, pasien direncanakan akan dirujuknya melalui polly lansia.

Lanjut Murti, besok tidak usah bawa pasiennya ke IGD, cukup keluarga saja mengambil rujukan di polly, Karena besoknya dia (dokter) yang bertugas di polly Lansia.

“Mungkin keluarga pasien salah paham. Tidak ada niat kita menelantarkan pasien, apa lagi melalaikan tugas, bahkan waktu dia (Pasien) pulang semalam dipapah oleh dokter dan petugas menaiki kenderaan, tentu kita mengupayakan yang terbaik juga buat masyarakat kita,” kilahnya.

Dikesempatan itu Ia mengaku kalau sopir ambulan tetap standbay di Pukesmas sejak dari semalam dan kalau memang ada indikasi rujukan tentuk akan kita rujuk secepatnya.

“Setelah diagnosa, menurut dokter bukan emergency, bisa besok paginya dirujuk. Bahkan dokter yang bertugas semalam menunggu keluarga pasien di polly lansia, namun keluarga pasien tidak kunjung datang.” tuturnya.(*)

Komentar

Loading...