Dinas Perhubungan Abdya Tutup Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor

Dinas Perhubungan Abdya Tutup Pelayanan Uji Kendaraan BermotorSEURAMOE | JULIDA FISMA
Kadis Perhubungan Abdya, Rahwadi ST.

SEURAMOE BLANGPIDIE - Dinas Perhubungan Aceh Barat Daya menutup tempat pelayanan uji berkala kendaraan bermotor atau KIR karena belum menerap sistem penerbitan bukti lulus uji elektronik (BLU-e).

"Ada ketentuan baru dari Kementerian Perhubungan, makanya Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor, UPUBKB, ini kami tutup," kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh Barat Daya Rahwadi di Blangpidie, Rabu (13/1/2021).

Menurut Rahwadi, penutupan layanan UPUBKB yang terletak di Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, tersebut dilakukan sejak 1 Januari 2021.

Penutupan berdasarkan surat edaran Kementerian Perhubungan yang menyatakan bagi UPUBKB masih memiliki bukti lulus uji berupa buku uji, tanda uji (plat/peneng) dan tanda samping tidak dipergunakan lagi.

"Kemenhub pada 17 November 2020, juga ada mengeluarkan surat keputusan tentang penggunaan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor. Surat itu ditujukan kepada bupati/wali kota seluruh Indonesia," ujar Rahwadi.

Surat itu menjelaskan penyelenggaraan pengujian KIR hanya dapat dilakukan bagi UPUBKB yang terakreditasi dan telah mengimplementasikan penertiban sistem BLU-e.

“Dana untuk pembelian alat elektronik ini ada dianggarkan. Jadi, kita tunggu saja proses pengadaannya. Mudah-mudahan pada pertengahan tahun sudah tersedia, baru kita buka lagi pelayanannya,” pungkas Rahwadi.(*)

Komentar

Loading...