Bunda Mesti Tau! Ini Enam Tanda Anak Kecanduan Gadget

Bunda Mesti Tau! Ini Enam Tanda Anak Kecanduan Gadget
Sekelompok anak-anak asyik bermain game online. Gambar diambil di sebuah kios dalam kawasan Nagan Raya Kamis 16 September 2021. |FOTO: SEURAMOE/FNB

SEURAMOEACEH l Gawai atau gadget telah memudahkan akses. Tidak hanya mengakses konten atau hiburan, gadget juga telah menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk bagi anak-anak.

Bahkan, pandemi Covoid-19 juga membuat pembalajaran dilakuakan lewat gadget.  Meski demikian, penggunaan gadget yang berlebihan juga bisa mengarah pada kecanduan. 

Sehingga penggunaan gadget bukan lagi kebutuhan, melainkan bisa berujung pada adiksi. Hal ini telah diungkap oleh Psikolog Anak Diana Raha, M. Psi dalam acara Wake Up Wakaf bertajuk Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Dan Remaja, Kamis (4/11/2021).

Berikut tanda-tandanya jika anak Anda sudah kecanduan gadget.

Mengalami gangguan fisik

Tanda yang terjadi jika anak kecanduan bermain gadget adalah, mulai mengalami gangguan fisik. Seperti mata, gangguan tidur, nyeri punggung, hingga gangguan nutrisi.

“Seringkali ada keluhan-keluhan fisik. Seperti kasus anak yang mengalami lazy eyes, atau tambahan memakai kacamata secara khusus yang meningkat tajam,” ungkap Diana Rahma.

“Ada juga gangguan tidur, dan ini jumlahnya cukup banyak. Dan sebagian dari yang saya dampingi, semuanya kesulitan tidur kalau malam. Jadi akibatnya ketika pagi hari masuk sekolah, mereka kesulitan untuk refresh dan fokus pada pelajaran,” lanjutnya.

Sumber:Suara.com

Komentar

Loading...