Waduh! Ternyata Tidur dengan Mulut Terbuka dapat Mengganggu Kesehatan

Waduh! Ternyata Tidur dengan Mulut Terbuka dapat Mengganggu KesehatanHello Seha
Ilustrasi dengan mulut terbuka.

SEURAMOEACEH – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Oral Rehabilitation menemukan jika tidur dengan mulut terbuka alias menganga akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi, dan lebih jahat dibanding mengonsumsi minuman bersoda.

Ini terjadi karena aliran udara yang masuk ke mulut akan mengeringkan dan menghilangkan plak yang bertugas melindungi gigi dan air liur. Padahal, keberadaan air liur yang melindungi ini ampuh untuk membunuh bakteri di mulut.

Selain, itu menurut spesialis periodontik dokter gigi Petros Ioannis Moschouris, berikut 5 bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda terus tidur dengan mulut terbuka, seperti mengutip Good Housekeeping, Senin (16/11/2020).

1. Mulut dan bibir kering

Orang yang tidur dengan mulut terbuka, biasanya menggunakan dua jalur penapasan, yaitu mulut dan hidung. Masalahnya, saat menggunakan pernapasan mulut, ini akan menghilangkan cairan dan menyebabkan mulut dan bibir menjadi lebih kering. Akibatnya, bisa berdampak pada gangguan menelan dan penurunan fungsi air liur yang melindungi, serta menganggu pencernaan di mulut.

2. Gigi rusak

Sumber:Suara.com

Komentar

Loading...