Muslem Minta Pemerintah Komit Kawal Butir UUPA

Muslem Minta Pemerintah Komit Kawal Butir UUPA
Ketua DPRK Aceh Jaya, Muslem D

SEURAMOE CALANG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya Muslem D, menyebutkan Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA) perlu direvisi, untuk keberlangsungan dana Otonomi khusus (Otsus) di Aceh.  

Menurut Muslem, UUPA adalah Undang-Undang tahun 2006 yang mengatur pemerintahan provinsi Aceh, Indonesia, sebagai pengganti UU Otonomi Khusus hasil kesepakatan damai antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka, yang dikenal dengan Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki.

"Kalau kita lihat sejarahnya, UUPA itu lahir setelah adanya MoU Helsinki, dan itu merupakan rohnya perjuangan para pejuang kombatan," kata Muslem

Muslem menambahkan, Dana Otsus atau Dana Otonomi Khusus Daerah (Doka) yang selama ini diberikan pusat untuk Aceh juga diatur dalam UUPA, sehingga diperlukan revisi supaya dana tersebut bisa diperpanjang, kalau perlu diberikan selama-lamanya.

"Semua kan tau kalau Dana Otsus itu tidak lama lagi akan berakhir, namun Aceh masih banyak butuh support dana untuk berbagai bidang pembangunan yang masih jauh tertinggal dari daerah-daerah lain," ungkap Muslem.

"Oleh sebab itu, di usia UUPA ke 16 ini kita berharap pemerintahan Aceh harus komit kawal setiap butir yang ada di dalam UUPA harus diimplementasikan sebagaimana diamanahkan dalam MoU Helsinki," pungkasnya.(Ril)

Komentar

Loading...