Indonesia Pesan Vaksin Corona AstraZeneca 100 Juta Dosis

Indonesia Pesan Vaksin Corona AstraZeneca 100 Juta DosisFoto : viva.co.id
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Foto : VIVA/Dinia Andrianjara.

SEURAMOE NASIONAL– Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab. Dalam pertemuan tersebut, telah disepakati Indonesia berhasil mengamankan ketersediaan vaksin Virus Corona atau COVID-19 dari perusahaan farmasi Inggris.

“Pertemuan dengan jajaran pimpinan AstraZeneca (perusahaan farmasi dari Inggris) berjalan dengan baik. Indonesia telah menyampaikan permintaan penyediaan vaksin sebesar 100 juta dosis untuk tahun 2021,” kata Retno melalui konferensi pers virtual pada Rabu, 14 Oktober 2020.

Menurut dia, pihak AZ (AstraZeneca) menyambut baik permintaan tersebut. Maka, pengiriman diharapkan dapat dilakukan pada semester pertama tahun 2021 dan akan dilakukan secara bertahap.

“AZ juga sangat tertarik untuk membangun kerja sama dan kolaborasi strategis jangka panjang dengan Indonesia,” jelas dia.

Ia menambahkan, Vaksin AZ merupakan salah satu kandidat vaksin yang oleh WHO tercatat telah memasuki tahap uji klinis 3. Vaksin AZ ini menggunakan platform non-replicating viral vector.

“Delegasi Indonesia menegaskan mengenai pentingnya faktor keamanan dan efikasi dari vaksin. Faktor-faktor ini akan menjadi bagian penting dari kerja sama vaksin Indonesia dengan AZ termasuk berbagi informasi mengenai hasil uji klinis tahap I dan II,” ujarnya.(*)

Sumber:viva.co.id

Komentar

Loading...