Dentuman di Pertengahan Ramadhan dan Kebenaran Pernyataan Ulama Aceh

Dentuman di Pertengahan Ramadhan dan Kebenaran Pernyataan Ulama AcehNet
Ilustrasi

BEBERAPA Hari lalu warganet dan jagad maya dihebohkan tentang isu akan ada letupan dahsyad di pertengahan Ramadhan tepatnya malam Jumat 8 Mei 2020.

Si pembuat isu atau ada beberapa kalangan mengait-ngaitkan penanggalan itu dengan sebuah hadist yang oleh sebagian ulama dianggab kurang shahih

Hadist itu menyatakan, akan ada suara keras pada pertengahan Ramadhan. Suara keras itu akan mengejutkan seluruh penduduk bumi.

Umat Muslimin diseantero dunia diingatkan agar tetap di dalam rumah masing-masing, terutama bakda Subuh pada Jumat itu.

Terkait isu tersebut, Ketua Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh, Dr. Muhammad Yusran Hadi Lc, MA jauh hari menyatakan itu tidak benar

“Berita ini hoaks dan khurafat yang menyesatkan. Tidak ada hadits yang shahih menjelaskan berita seperti ini. Faktanya juga mengingkarinya,” katanya Kamis (07/05/20)

Bertahun-tahun sebutnya, pertengahan Ramadhan selalu bertepatan dengan hari Jum’at, namun tidak terjadi peristiwa ini.

“Jelas orang yang menyampaikan dan menyebarkan berita ini adalah pendusta,” tegas Doktor dalam bidang Fiqh & Ushul Fiqh.

Yusran juga memastikan kalau hadits yang dijadikan dalil mengenai berita ini adalah hadits dhaif jiddan (sangat lemah) bahkan maudhu’ (palsu).

Menurtnya itu dijelaskan oleh para ulama hadits seperti Imam Ad-Daruquthni, Imam U’qaily, Imam Ibnul Qayyim

Imam Az-Zahabi, Imam Ibnul Jauzi, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Haitsami, Imam As-Sayuuthi, syaikh Al-Albani dan lainnya.

Dan pernyataan Dr. Muhammad Yusran Hadi Lc, MA benar. Buktinya, Jumat 8 Mei 2020 kemarin tidak ada ledakan keras, dunia damai-dama saja. (*)

Komentar

Loading...