Dinas Kependudukan Lucurkan Program Seuramoe Breuh Sigupai Disdukcapil Abdya

Dinas Kependudukan Lucurkan Program Seuramoe Breuh Sigupai Disdukcapil Abdya
Kadisdukcapil Abdya, Rajul Asmar | SEURAMOE/JULIDA FISMA

"Program ini akan berjalan pada awal tahun 2020, tentu dengan lahirnya program ini, kedepan tidak ada lagi penduduk kita yang tidak memiliki KTP, KK, Akte serta KIA dari umur 0-5 dan 5-17 tahun,"

SEURAMOE BLANGPIDIE - Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi terhadap Masyarakat, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Abdya meluncurkan program "Seuramoe Breuh Sigupai Disdukcapil Abdya"

Hal tersebut disampaikan Kadis Dukcapil Abdya, Rajul Asmar kepada Seuramoeaceh.com. Rabu (13/11/2019) di Blangpidie.

"Alhamdulillah kita punya program inovasi baru bernama Seuramoe Disdukcapil Abdya," tuturnya.

Program tersebut tambahnya, bertujuan untuk mempercepat proses penyelenggara pendaftaran penduduk melalui pelayanan terpadu Tim seuramoe breuh sigupai Disdukcapil Abdya.

"Kita memamfaatka tim Petugas Regristasi Gampong (PRG) pada 28 Gampong d Abdya," tutur Rajul Asma.

Sambung Rajul Asmar, Tim 28 Gampong terdiri satu orang pergampong tersebut nantinya akan berperan sebagai pilot project.

"28 orang ini kemudian diantaranya akan dilatih kembali ditingkat propinsi yang akan berangkat pada 18 November ini," ujarnya.

Menurutnya, dengan diluncurkan program tersebut ditargetkan tahun depan seluruh penduduk Abdya telah memiliki dokumen lengkap.

"Program ini akan berjalan pada awal tahun 2020, tentu dengan lahirnya program ini, kedepan tidak ada lagi penduduk kita yang tidak memiliki KTP, KK, Akte serta KIA dari umur 0-5 dan 5-17 tahun," jelas Rajul.

Dikatan Kadis Dukcapil, pihaknya akan turun langsung seminggu 3 kali disetiap sekolah dan kepelosok Gampong dengan perlengkapan yang telah disediakan.

"Selama ini yang telah kita proses perekeman kita lakukan sistem jemput bola, baik didaerah terpencil, lansia dan sekolah, bedanya untuk program saat ini, ada tim yang mengumpulkan data-data setelah terkumpul kita lakukan perekaman dua sisi, yakni di kantor dan dilapangan, sekali hadir masyarakat bisa dapat 3 mamfaat," rinci Rajul.

Dikatakan Rajul, munculnya gagasan program tersebut berdasarkan hasil rapat tentang peningkatan kualitas layanan adminduk sebagai tindak lanjut permendagri nomor 19 tahun 2018 tentang oeningkatan kualalitas layanan dan pengelolaan administrasi pemerintah yang efekti dan Efesien.

"Kita berharap masyarakat bisa bekerjasama dan program ini dapat berjalan sehingga masyarakat bisa tentram dan nyaman," demikian pintanya.(*)

Komentar

Loading...