Berikut 4 Penyakit Bawaan Paling Rentan Terinfeksi COVID-19

Berikut 4 Penyakit Bawaan Paling Rentan Terinfeksi COVID-19

VIRUS COVID-19 ternyata lebih rentan terinfeksi kepada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau penyakit penyerta.

Ada 4 jenis penyakit bawaan yang rentan terinfeksi virus COVID-19, sebagaimana terdapat dalam data kajian Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.

"Kasusnya yang positif ini kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung dan penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK," ujar Ketua Tim Pakar Gugas Nasional Covid-19, Wiku Adisasmito, di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (9/5). Dikutip dari laman Rmol.

Wiku Adisasmito menunjukan sebuah slide presentation tentang kurva-kurva penyakit penyerta yang ada di kasus positif saat ini.

Di dalam kurva itu disebutkan, hipertensi adalah penyakit yang banyak diidap pasien Covid-19, persentasinya mencapai 51,9 persen. Diurutan kedua ada diabetes melitus sebanyak 33,9 persen.

Selain itu ada penyakit jantung sebanyak 20,8 persen, PPOK 17,3 persen, gangguan napas lain 8,6 persen, ginjal 5,5 persen, asma 3,1 persen, kanker 2,4 persen, TBC 1,5 persen, gangguan imun 1,3 persen, dan penyakit hati 1,3 persen.

Oleh karena itu, Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang memiliki penyakit penyerta itu untuk berhati-hati. Dia berharap masyarakat bisa taat aturan dan juga menjaga asupan gizi dan makanan yang cukup.

"Jadi untuk saudara-saudara sekalian, urutan masyarakat yang memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, kemudian penyakit jantung, dan PPOK itu harus betul-betul berhati-hati untuk tidak terkena dengan penyakit covid," ucap Wiku Adisasmito. (***)

Komentar

Loading...