Apakah Islam Membolehkan Membuka Aib Pemerintah? Berikut Jawaban Buya Yahya

Apakah Islam Membolehkan Membuka Aib Pemerintah? Berikut Jawaban Buya YahyaNet
Buya Yahya.

SEURAMOEACEH - Sering kita timbul pertanyaan, apakah ketika kita membicarakan kejahatan atau kebijakan pemerintah yang berdampak buruk terhadap rakyat itu termasuk ke mengunjing atau fitnah?

Di sini kita akan mengupas pertanyaan seputar pemerintah sebagaimana penjelasan Buya Yahya dalam akun Instagramnya @Buyayahya_albajah IGTV berdurasi 5.45 detik. Berikut jawaban Buya Yahya.

Dalam Islam tidak diperbolehkan untuk membuka kejahatan atau aib pribadi seorang penguasa, akan tetapi apabila terdapat kejahatan tersebut ada hubungannya dengan orang banyak, maka ini bukan aib pribadi dan semua orang tahu kejahatan tersebut.

“Misalnya presiden mempunyai kebijakan yang merugikan rakyatnya, jika kita buka hal ini tidak termasuk ke aib apalagi mengunjing. Sebab ini benar terjadi pada masyarakat,” jelas Buya.

Jika kejahatan yang diperbuat oleh pemerintah mencakup berefek tidak baik terhadap masyarakat, maka boleh untuk memberi tahu. Yang dimaksud memberitahu di sini tidak termasuk kategori fitnah, sebab apa yang di sampaikan sesuai fakta.

Komentar

Loading...