Anak Anda Demam? Dr Arifianto: Tak Perlu Buru-Buru Beri Obat Pereda

Anak Anda Demam? Dr Arifianto: Tak Perlu Buru-Buru Beri Obat PeredaSharp.com
Ilustrasi anak demam.

Saat anak demam, orang tua biasanya tidak tega melihatnya. Mereka langsung berinisitaif memberikan obat pereda. Benarkah langkah tersebut?

Dikutip Republika, menurut dr Arifianto SpA, saat anak demam, yang harus diutamakan adalah memahami demam itu sendiri. Tak perlu terburu-buru dalam memberikan obat penurun panas atau antipiretik, seperti parasetamol.

"Tujuan utama mengobati anak demam adalah membuatnya lebih nyaman, bukan menormalkan suhunya,” ujar pria yang akrab disapa dokter Apin dalam Kulwap Anti Panik Saat Anak Demam yang diselenggrakan KalCare belum lama ini.

Apin menjelaskan pemberian antipiretik terbukti memperlama sakit. Dewasa yang terinfeksi rhinovirus cenderung lebih lama terusik virus. Sementara itu, anak yang terkena varisela lebih lama lesinya mengering dan anak dengan malaria butuh waktu lebih lama menghilangkan parasitnya.

Demam, menurut Apin, adalah upaya tubuh dalam melawan penyakit. Ketika dipaksa diturunkan suhunya dengan antipiretik maka itu menghalangi upaya tubuh untuk segera melawan virus dan bakteri.

Halaman12

Komentar

Loading...