19 November Mendatang, Pemkab Agara Gelar Event Internasional Yang di Ikuti 4 Negara

19 November Mendatang, Pemkab Agara Gelar Event Internasional Yang di Ikuti 4 Negara
Arung jeram di Sungai Lawe Alas, Agara | (Kompas.com)

SEURAMOE KUTACANE - Tak bisa dipungkiri, sebagai salah satu daerah yang terkenal akan eksotisme keindahan alamnya serta mempunyai arus sungai yang deras. Bumi Sepakat Segenep menjadi tuan rumah pada event skala nasional yaitu Alas River Rafting Championship (Open) Internasional 2019 yang diadakan pada 19-24 November 2019 mendatang.

Sungai Lawe Alas yang sudah terkenal hingga ke mancanegara menjadi arena pertandingan Alas River Rafting Championship mendatang. Sungai Lawe Alas tersebut sudah memegang Grade 3 dan 4 sangat cocok untuk kelas Internasional.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tenggara Zulkifili, S.Pd M.Pd melalui Kabid Pemasaran, Indra Wahyudi ST kepada Seuramoeaceh.com menyebutkan bahwa hingga saat ini sudah ada empat Negara yang mendaftar untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.

“Negara yang sudah menyatakan keikutsertaanya yaitu Selandia Baru (New Zealend), Australia, Malaysia dan Republik Ceko. Dari Indonesia sendiri sudah mendaftar tim dari Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi. Sedangkan khusus Provinsi Aceh sudah mendaftar lima tim,” jelasnya saat dikonfirmasi Seuramoeaceh.com di Rassa Coffe Kutacane. Minggu (17/11/2019).

Indra menyebutkan tujuan dari diselenggarakannya rafting tingkat Internasional ini ialah memperkenalkan serta mempromosikan wisata-wisata yang ada di Tanoh Alas Metuah ini ke mata dunia.

Selain itu, diharapkan melalui diadakannya even seperti ini mampu melahirkan atlit-atlit rafting Agara yang mampu bersaing ditingkat Nasional maupun Internasional.

Indra juga menambahkan ada tiga subkategori lomba yaitu Down River Race (menyusuri sungai), Head to Head (adu kecepatan) dan Slalom (adu ketangkasan melintas gawang).

Sedangkan untuk peserta ada dua kelas yaitu Umum (Nasional dan Internasional) dan Pemula (Mahasiswa /Pelajar) dengan format kompetisi klasifikasi D.

“Mendatang, acara akan dibuka secara resmi oleh Plh Bupati Aceh Tenggara Bukhari, nah Insya allah pada pembukaan tersebut juga akan dihadiri oleh sejumlah kalangan pejabat Provinsi Aceh. Kemungkinan pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga juga turut hadir dalam pembukaan Alas River Rafting Championship (Open) tersebut,” pungkas Indra.(**)

Komentar

Loading...