Wakil Bupati Aceh Jaya Tinjau Pelaksanaan Pemilihan Keuchik Serentak Tahun 2022

Wakil Bupati Aceh Jaya Tinjau Pelaksanaan Pemilihan Keuchik Serentak Tahun 2022Istimewa

SEURAMOE CALANG - Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S meninjau jalannya pelaksanaan Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) tahun 2022 di lima Kecamatan dalam kabupaten setempat, Sabtu (19/3/2022)

"Kegiatan pemilihan Keuchik secara langsung di 5 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya berjalan dengan tertib dan lancar" ujar Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Paya Seumantok, Kecamatan Krueng Sabee.

Wakil bupati menjelaskan, Pelaksanaan Pilchiksung serentak di Aceh Jaya berlangsung di setiap gampong yang masa jabatan keuchik di gampong tersebut telah habis.

"Di Aceh Jaya terdapat 172 gampong. Saat ini yang melaksanakan Pilchiksung serentak sebanyak 20 gampong di 5 kecamatan yang masa jabatan keuchiknya telah habis" terangnya.

Wakil bupati berpesan kepada keuchik terpilih nantinya untuk amanah dan kreatif dalam membangun gampong serta dapat menggali potensi agar menjadi omset sehingga menjadi pendapatan gampong.

Selain itu, lanjutnya, keuchik terpilih nantinya untuk lebih teliti menggunakan dana desa agar tidak menyalahi ketentuan yang berlaku.

"Bila ada kendala, boleh konsultasi dengan tim di kecamatan atau kabupaten agar mendapat bimbingan cara tepat dan benar menggunakan dana desa sehingga keuchik tidak tersandung kasus yang menyalahi dan bertentangan dengan hukum" tutupnya.

Sementara itu, Data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan keluarga Berencana (DPMPKB) Kabupaten Aceh Jaya, Pelaksanaan Pilchiksung serentak dilaksanakan di 20 gampong dalam 5 kecamatan, diantaranya

Kecamatan Sampoiniet di Gampong Pulo Raya, Gampong Jeumpheuk dan Gampong Blang Monlung. Sementara Kecamatan Krueng Sabee di Gampong Paya Seumantok dan Gampong Curek.

Adapun di Kecamatan Panga di Gampong Ladang Baro, Gampong Batee Meutudong, Gampong Panton Krueng, Gampong Alue Pande, Gampong Kuta Tuha, Gampong Alue Piet, Gampong Alue Abed, Gampong Gunong Mantok, Gampong Alue Raya, Gampong Gunong Buloh dan Gampong Alue Teungoh.

Untuk Kecamatan Pasie Raya di Gampong Lhok Guci dan terakhir di Teunom Gampong Blang Baro, Gampong Tanoh Manyang, dan Gampong Teupin Ara.(**)

Komentar

Loading...