Tolak PT EMM, Besok Warga Akan Unjuk Rasa ke Kantor Dewan

Tolak PT EMM, Besok Warga Akan Unjuk Rasa ke Kantor Dewan
SEURAMOE/IST

SEURAMOE SUKA MAKMUE – Direncanakan, besok Senin (15/10/2018) berbagai elemen warga yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Bersatu Tolak Tambang (Kombatan) akan melakukan unjuk rasa menolak kehadiran PT Emas Mineral Murni (EMM) di Beutong Ateuh.

Unjuk rasa itu akan dipusatkan di depan kantor Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten (DPRK). Menurut Koordinator Aksi, Samsul Rahmat, seribuan massa akan ikut dalam unjuk rasa tersebut.

Tidak hanya di Nagan Raya, unjuk rasa penolakan terhadap perusahaan pertambangan itu juga akan dilakukan dibeberapa kota seperti Meulaboh (Aceh Barat), Takengon (Aceh Tengah) serta Banda Aceh dan Jakarta.

Penolakan terhadap PT EMM di Nagan Raya dan Aceh Tengah memang cukup masif. Bukan hanya warga Nagan Raya, tapi sejumalah lembaga, organisasi, aktivis lingkungan, mahasiswa termasuk para politisi menyatakan penolakan dengan berbagai alasan.

Kerusakan lingkungan dan potensi menimbulkan bencana adalah alasan paling mengemukan. Selain itu, tidak memberi manfaat bagi warga dan daerah serta tergusurnya makam syuhada/aulia adalah alasan lain dari penolakan itu. (*)

Komentar

Loading...