Tenaga Minim, Proses Perekaman e-KTP Terhambat

Tenaga Minim, Proses Perekaman e-KTP Terhambat
Kepala Dinas Ducapil Nagan Raya Drs Raja Sayang |Foto: Seuramoe/Firdaus NB

SEURAMOE SUKA MAKMUE - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Ducapil) Kabupaten Nagan Raya mengakui masih ada warga masyarakat belum memiliki KTP elektronik.

Itu terjadi karena Dinas Ducapil kekurangan tenaga untuk diturunkan kelapangan guna melakukan perekaman di Kecamatan. Saat ini, Dinas tersebut hanya memiliki tiga orang tenaga perekaman.

“Kita hanya punya tiga tenaga. Jadi, jangankan diturunkan ke lapangan, untuk kantor saja sudah tidak mencukupi,” kata Kadis Ducapil Nagan Raya Drs Raja Sayang kepada Seuramoe Kamis (1/11/2018)

Raja Sayang mengakui memang ada beberapa tenaga bakti di kantornya, tapi mereka tidak mungkin dipaksakan turun kelapangan melakukan perekaman e-KTP karena ketiadaan dana.

Menurut Data Konsilidasi Bersih (DKB), data final yang tercatat di Dirjen Ducapil Kemendagri, ada kurang lebih 170.000 warga Nagan yang sudah berhak memiliki KTP elektronik.

Sementara data di Disdukcapil Nagan Raya, data awal atau data kotor yang belum tervalidasi, ada sekitar 174.000 orang.

“Data dikita itu data awal, ada sekitar 174.000 orang. Lebih kurang 4000 orang dari jumlah itu belum valid dan perlu pendataan lagi,” jelas Raja Sayang. (*)

Rubrik:Nagan Raya

Komentar

Loading...