Silsilah Keturunan dan Pendidikan Teungku Muhammad Ali Irsyad

Silsilah Keturunan dan Pendidikan Teungku Muhammad Ali Irsyad
Cutti Zahara dari UIN Ar- Raniry Banda Aceh. | FOT0: IST

SEURAMOE BUDAYA - Dari yang kita ketahui bahwa Teungku Muhammad ali irsyad atau biasa di panggil dengan nama abu teupin teungku. Muhammad ali irsyad beliau merupakan ulama asal aceh. Yang  lahirkan tahun 1921 M di desa kaye jatoe (teupin raya),glupang tiga, pidie. 

Ayahnya bernama Muhammad irsyad, sedangkan ibunya bernama aisyah. Ayahnya adalah seorang keturunan panglima doyen di aceh besar, dan juga seorang kadil (ulee balang glumpang payong) di zaman belanda. Sedangkan ibunya berasal dari keluarga ulama di lapang lhoksukon yang di hijrah diteping raya. 

Dari silsilah kedua orang tuanya Kita dapat melihat bahwasanya seorang teungku Muhammad ali irsyad merupakan keturunan bangsawan dan ulama.

Teungku Muhammad ali irsyad sejak kecil mendapatkan pendidikan langsung dari kedua orang tuanya khususnya dalam bidang agama. Selain belajar agama, beliau juga belajar ilmu ilmu umum. Salah satu gurunya adalah teungku Abdurrahman di uteuen bayu ulee glee. Pada tahun 1947 M .

Muhammad ali irsyad melanjutkan pendidikannya ke pulo kiton, selanjutnya menuju gandapura. Konon, di gandapura dia mulai mempelajari ilmu falak kepada seorang ulama yang baru pulang dari mekkah. Ilmu falak bagi teungku Muhammad ali irsyad sangat menarik perhatiannya. Dia belajar ilmu ini selama dua tahun kepada teungku usman maqam.

Tahun 1961 M,teungku Muhammad ali irsyad berangkat kemesir untuk menimba ilmu agama. Di mesir dia diterima di madrasah persiapan (Dirasah khasshah).

Komentar

Loading...