Serangan Udara AS Tewaskan Jenderal Iran, Warga Iran Gelar Aksi Protes

Serangan Udara AS Tewaskan Jenderal Iran, Warga Iran Gelar Aksi ProtesDetiknews
Aksi Protes Warga Iran

TEHERAN - Puluhan ribu warga Iran turun ke jalanan ibu kota Teheran untuk memprotes serangan udara Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Komandan Garda Revolusi Iran. Mereka menyebut serangan itu sebagai 'kejahatan' AS. 

Seperti dilansir AFP, Jumat (3/1/2020), kerumunan warga Iran meneriakkan slogan 'Matilah Amerika' dalam aksinya. Beberapa dari mereka membawa poster yang menampilkan foto mendiang Mayor Jenderal Qasem Soleimani, Komandan Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran, yang tewas dalam serangan udara AS di Baghdad pada Jumat (3/1) pagi. AS mengakui serangan itu diperintahkan oleh Presiden Donald Trump untuk 'melindungi personel AS di luar negeri'.

 Aksi protes yang digelar warga Iran di jalanan Teheran ini dimulai setelah salat Jumat. Warga Iran, baik pria maupun wanita, yang kebanyakan sudah lanjut usia, ikut serta dalam aksi protes ini. Sejumlah dari mereka membawa foto pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. 

 "Poros dari segala kejahatan adalah Amerika, moto dari agama dan Alquran adalah matilah Amerika," ucap kerumunan warga Iran secara bersama-sama dalam aksi protes ini. "Pemimpin revolusi kami, belasungkawa, belasungkawa kami," imbuh mereka. 

Kantor berita IRNA melaporkan bahwa aksi protes serupa juga digelar di berbagai kota lainnya seperti Arak, Bojnourd, Hamedan, Hormozgan, Sanandaj, Semnan, Shiraz dan Yazd.

 Kabar kematian Soleimani, yang merupakan salah satu sosok paling populer di Iran, juga membuat orang-orang menggelar perkumpulan spontan di kota asalnya, Kerman, yang berjarak 980 kilometer dari Teheran. Laporan Associated Press menyebut ratusan orang berkumpul di luar kediaman Soleimani. 

Departemen Pertahanan AS dalam pernyataannya menyebut Soleimani dibunuh karena dia 'secara aktif mengembangkan rencana untuk menyerang diplomat-diplomat dan personel militer Amerika di Irak dan sekitarnya'. AS juga menuduh Soleimani menyetujui serangan terhadap Kedutaan Besar AS di Baghdad, awal pekan ini.

Sumber:DETIK NEWS

Komentar

Loading...