Sejarah di 6 November, Dari Pertempuran Prancis Hingga Meninggalnya Cut Nyak Dhien

Sejarah di 6 November, Dari Pertempuran Prancis Hingga Meninggalnya Cut Nyak Dhien
Cut Nyak Dhien | Foto: Tribun Wiki

Cut Nyak Dhien meninggal dunia di pengasingannya di Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Cut Nyak Dhien yang dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia di Aceh, diasingkan ke Sumedang sebelum akhirnya meninggal dunia

SEURAMOE ACEH — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 6 November. Salah satunya adalah meninggalnya Cut Nyak Dhien di pengasingannya di Sumedang, Jawa Barat (Jabar).

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 6 November. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1494
Suleiman lahir di Trabzon, Kesultanan Ottoman. Sekitar 26 tahun kemudian, Suleiman dinobatkan sebagai pemimpin Kesultanan Ottoman dengan sebutan Suleiman I dan mendapatkan julukan Suleiman si Pemberi Hukum. Julukan itu diberikan lantaran Suleiman berhasil kembali menyusun sistem undang-undang Kesultanan Ottoman menjadi lebih baik. Ia memimpin Ottoman hingga akhir hayatnya pada September 1566.

1792
Salah satu pertempuran besar di masa Perang Revolusi Prancis antara Prancis dan Kekaisaran Romawi Suci meletus di dekat Jemappes, Belgia. Pertempuran itu dipicu Prancis yang menginvasi wilayah Belgia. Pasukan Prancis yang mengerahkan sedikitnya 40.000 tentara berhasil memukul mundur pasukan Kekaisaran Romawi Suci berjumlah 13.769 orang.

1860
Abraham Lincoln memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS). Ia lantas dilantik sebagai presiden AS pada 4 Maret 1861. Lincoln lantas dikenal sebagai pemimpin yang berhasil membawa bangsanya keluar dari perang saudara sekaligus menghapuskan perbudakan di AS.

1908
Cut Nyak Dhien meninggal dunia di pengasingannya di Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Cut Nyak Dhien yang dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia di Aceh, diasingkan ke Sumedang sebelum akhirnya meninggal dunia. Ia kini dikenang sebagai salah satu pahlawan nasional di Indonesia.(*)

Sumber:Solopos.com

Komentar

Loading...