Ratusan Warga Ikuti Diklat Ketrampilan Melaut di Tapak Tuan

Ratusan Warga Ikuti Diklat Ketrampilan Melaut di Tapak Tuan
Peserta Diklat ketrampilan melaut |Foto: Seuramoe/SA

SEURAMOE TAPAK TUAN – Kantor Unit Pelabuhan Kelas III Tapak Tuan Aceh Selatan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, dan Balai Pelatihan Pendidikan Ilmu Pelayaran  (BP2IP) Malahayati Aceh, mengadakan Diklat ketrampilan melaut

Pembukaan acara tersebut diadakan di pelabuhan Tapak Tuan Rabu (07/11/2018) ini, dihadiri Asisten II, Ketua DPRK, Dandim 0107, Kapolres Aceh Selatan serta perwakilan STIP Jakarta, BP2IP Malahayati, dan Ketua Satgas Aceh Selatan.

Dalam sambutan pembukaan, Zulnasri Dosen STIP Jakarta menjelaskan, tujuan diadakan program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas ilmu pelayaran sehingga para pelaut memiliki kopetensi dalam dunia pelayaran.

Zulnasri menambahkan, ada tiga jenis Diklat DPM akan dilaksakan secara bertahap, yaitu; basic safety training  (BST), pelatihan dasar keselamatan diri,  advance fire fighting (AFF), pemadam kebakaran lanjutan dan securyti awarness training (SAT) pelatihan kesadaran keamanan.

"Diklat ini gratis dan diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu terutama bagi warga didaerah terisolir dan rawan bencana, serta daerah terluar atau daerah perbatasan seluruh Indonesia" katanya.

Zulnasri meminta para peserta Diklat untuk memanfaatkan kesempatan ini  sebagi sarana menambah pengetahuan dan menjadi bekal untuk menata masa depan lebih baik.

“Kami berharap, saudara para peserta pelatihan ini akan menjadi motor penggerak dalam meningkatkan ekonomi Aceh," harapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Syamsul Arif HT yang dihubungi terpisah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 5 hingg 9 Nopember 2018 mendatang.

“Jumlah peserta mengikuti acara ini sebanyak 677 orang. Mereka berasal dari Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat dan Kodya Banda Aceh,” terang Kepala Kantor Unit Pelayaran Pelabuhan Kelas III Tapak Tuan (*)

SRM/SA

Komentar

Loading...