PT BSP Buang Limbah ke Sungai, Bupati di Minta Jangan Tutup Mata

PT BSP Buang Limbah ke Sungai, Bupati di Minta Jangan Tutup Mata
Limbah berbahaya berwarna hitam pekat dibuang langsung ke sungai Krueng Trang oleh PT BSP. Foto direkam Jumat sore (19/10/2018) |Foto: Seuramoe/Firdaus NB.

SEURAMOE SUKA MAKMUE -  Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Beurata Subur Persada (BSP) berulah lagi. PKS berlokasi di Gampong Babah Dua Kecamatan Tadu Raya kembali membuang limbah secara langsung ke sungai Krueng Trang.

Hebat lagi, PKS tersebut mengalirkan limbah ke sungai secara terang-terangan di siang hari. Padahal, sungai itu berada dilintasan jalan Nasional Alue Bilie-Simpang Peut dimana setiap orang bisa melihat bila melewati jembatan Krueng Trang.

“Pasti perusahaan tersebut kebal hukum, kalau tidak mana berani membuang limbah ke sungai di siang hari,” kata seorang warga yang melintas dan berhenti saat melihat Seuramoe tengah mengambil foto limbah dari atas jembatan, Kamis (19/20/2018).

Humas PT BSP, Tantawi yang dihubungi Seuramoe membantah kalau benda cair  berwarna hitam pekat dan  mengapung di sungai Krueng Trang  itu limbah. Menurutnya yang di buang ke sungai itu air cucian pabrik.

“Itu bukan limbah tapi air cucian pabrik,” kata Tantawi  kepada Seuramoe di depan sejumlah warga Babah Dua sambil menambahkan itu tidak berbahaya.

Sementara warga Babah Dua meminta Bupati Nagan Raya jangan tutup mata dan harus menindak perusahaan tersebut. Bila tidak, dikhawatirkan kerusakan biodata air dan lingkungan sulit dihindari.

Warga mengancam, bila pihak terkait tidak bertindak dan PT BSP masih tetap membuang limbang ke sungai mereka akan meminta Menager PT BSP untuk bertanggung-jawab –jawaban. Karena sejak ia menjabat sebagai Menager limbah dibuang sembarangan.

Menurut warga, ada tiga titik sepanjang aliran sungai Krueng Trang dijadikan alur tempat pembuangan limbah PT BSP, yaitu Tuwi Lipat, Tuwi Kumuneng dan bawah jembatan Krueng Trang.

Ketika Seuramoe menelusuri dua dari tiga titik yang dilaporkan warga yaitu Tuwi Kumuneng dan jembatan Krueng Trang terlihat jelas limbah mengapung. Yang terparah terlihat di bawah jembatan Krueng Trang dimana limbah berwarna hitam pekat memenuhi pinggir sungai. (*)

Komentar

Loading...