National Projects Manejer BCCPGLE KFW Koordinasi Pogram Dengan Pemkab Asel

National Projects Manejer BCCPGLE KFW Koordinasi Pogram Dengan Pemkab Asel
Bupati Aceh selatan H Azwir sedang melakukan koordinasi dengan National projek manejer National Projects Manejer BCCPGLE KFW Ir. M.Khairul Rizal, M.Si di ruang kerja Bupati Aceh Selatan. Kamis (25/10/2018) | SEURAMOE/SYAFRUDDIN A

SEURAMOE, TAPAK TUAN – Pemerintah Kabupetan Aceh Selatan menjalin kerja sama dengan Program BCCPLGE (Biodiversity Conservasion and Climate Protection in the Gunung Leuser Ecosystem) dalam bidang Lingkungan.

Pogram tersebut merupakan penerapan kerjasama KFW German dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

National Projects Manejer BCCPGLE KFW Ir. M.Khairul Rizal, M.Si dijumpai Seuramoe, Kamis (25/10) menjelaskan jika pogram tersebut telah berjalan sejak Oktober 2016 lalu hingga 2020 mendatang di Aceh selatan.

“Ini selain silaturrahmi, kita juga melakukan audiensi dan koordinasi kegiatan yang sudah berjalan di 28 desa di Aceh Selatan,” Terangnya kepada Seuramoe. Kamis (25/10/2018).

Ia mengatakan jika koordinasi yang dilakukan berupa tentang terlaksananya dengan baik kegiatan melalui metode PRA, PLUP (Participatory Land Use Planning) dan RPD (Rencana Pembangunan Desa).

Tidak hanya itu, pada pogram ini juga akan ada kegiatan lanjutannya meliputi membantu penyusunan RPJM Aceh Selatan, Peraturan Desa (Perdes) untuk konservasi dan perlindungan mata air, penghijauan lahan kritis dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan Pembibitan Tanaman MPTS (Multy Purpose Tree Species).

“Juga ada Sekolah Lapangan untuk KBR, Agro Ekosistem dengan materi Teknik Pembuatan MOL dan Kompos, Pupuk Organik Cair, Pestisida Nabati, Pengembangan Trikoderma untuk jamur akar dan Pendanaan untuk Jasa Lingkungan sebesar Rp 48 juta per Desa,” Ungkapnya.

“Tata Batas Kawasan Konservasi, Ekowisata, Penangkaran Penyu di Rantau Sialang. Rencana kedepan dengan pengembangan PROKLIM (Program Kampung Iklim),” Tuturnya disela pertemuan dengan Bupati Aceh Selatan H Azwir S.Sos.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan H Azwir sangat mendukung kegiatan ini dengan harapan bisa memberikan dampak fositiv kepada masyarakat kabupaten setempat.

“Ini juga bisa menyongsong pogram 100 hari kerja kita, agar berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat,” Tandasnya.(*)


(SRM/SA)

Rubrik:Nanggroe

Komentar

Loading...