Nasruddin Hoja: Sholat Jumat di Hari Kamis

Nasruddin Hoja: Sholat Jumat di Hari Kamiswikipedia
Nasrudin Hoja dan keledainya.in

SEURAMOE NASIONAL -- Kisah-kisah humor Nasruddin Khodja sudah dikenal di seluruh dunia. Ia adalah seorang sufi yang menawarkan jalan kearifan yang jenaka, yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Dalam buku Shalat Jum’at di Hari Kamis: 101 Kisah Jenaka Nasruddin Hoja karya Muhibin diceritakan, Nasrudin Hoja pernah memiliki keledai yang sangat malas dan lambat sekali kalau berjalan.

Bahkan, jarak yang hanya satu kilometer harus ditempuhnya sampai berjam-jam lamanya. Suatu hari, Nasruddin pun mengendarai keledainya yang malas itu untuk pergi ke suatu tempat. Di tengah perjalanan, dia pun berpapasan dengan seorang kawannya.

“Hei Nasruddin, kau mau ke mana?" sapa kawannya itu.

Lalu Nasruddin menjawab, “Aku mau shalat Jum’at di kampung sebelah.”

Mendengar jawaban Nasruddin, kawannya pun menjadi heran, “Lho, tapi ini kan masih hari Kamis?”

“Iya, aku tahu,” kata Nasruddin, “Tapi keledaiku ini amat istimewa, dia lambat sekali kalau berjalan. Aku sudah bersyukur kalau besok bisa tiba di masjid itu tepat pada waktunya.”

Menurut pendapat yang masyhur, Nasruddin Hoja hidup di akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15. Dia lahir di desa Khortu, Sivri Hisar, Anatolia Tengah, Turki pada 776 Hijriah atau 1372 Masehi. Dia meninggal dunia di kota Ak-Shehir, Provinsi Konya pada 838 Hijriah atau 1432 Masehi dan dimakamkan di kota itu.(*)

Komentar

Loading...