KMP Teluk Sinabang Sukses Bersandar di Pelabuhan Calang Aceh Jaya

KMP Teluk Sinabang Sukses Bersandar di Pelabuhan Calang Aceh JayaSEURAMOE/IRSADUL AKLIS
Teluk Sinabang saat bersandar di dermaga pelabuhan Calang, Aceh Jaya

SEURAMOE SINABANG- Uji coba (sea trial) sandar kapal KMP Teluk Sinabang di dermaga pelabuhan laut Calang, Rabu (12/02/2020) berjalan lancar tanpa ada kendala.

Uji coba ini dilakukan sebagai tindak lanjut ditetapkannya rute Sinabang-Calang sebagai lintasan penyeberangan perintis tahun 2020 oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI.

“Hasil uji coba secara teknis dan sisi geografis pelabuhan Calang sangat potensial,” kata Nahkoda KMP. Teluk Sinabang Capten, Eko Medianto.

Karena lanjutnya, terdapat beberapa pulau dekat pelabuhan yang menjadi break water alami yang melindungi kapal agar aman saat olah gerak, sandar, dan  bongkar muat.

“Pelabuhan Calang dengan kedalaman pasang surut 4 meter cukup untuk KMP. Teluk Sinabang yang memiliki draft kapal 2,5 m, dan daya ketahanan rampdoor saat ini < 25 ton,” ucap Eko 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Simeulue Kasirman SE saat dikonfirmasi Seuramoeaceh.com membenarkan akan segera dibuka rute pelayaran Simeulue- Calang. 

"Dengan berhasilnya uji coba sandar kapal di pelabuhan Calang, maka sebentar lagi rute pelayaran Simeulue-Calang akan segera dibuka," terangnya

Untuk informasi selanjutnya tinggal menunggu dikeluarkan jadwal dari pihak ASDP Cabang Aceh Singkil. (Irsadul Aklis) 

Komentar

Loading...