Kerugian Akibat Bencana Alam di Abdya Mencapai Ratusan Juta

Kerugian Akibat Bencana Alam di Abdya Mencapai Ratusan JutaSEURAMOE/JULIDA FISMA
Fasilitas rusak akibat bencana Alam angin kencang yang terdi Abdya belum lama ini

SEURAMOE BLANGPIDIE – Kerugian akibat banjir, angin kencang dan tanah longsor di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang terjadi belum lama ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBK) Abdya, Amiruddin saat menjawab wartawan Kamis (16/1/2020) di Blangpidie.

"Kita taksir kerugian paska bencana alam yang terjadi di Abdya belum lama ini mencapai ratusan juta," katanya.

Taksiran tersebut tambah Amiruddin bedasarkan dampak kerusakan rumah serta tanaman milik warga akibat bencana tersebut.

"Kerusakan belasan unit rumah warga sudah menjadi acuan dalam menaksir total kegrugian," ujarnya.

Pada sisi lain Amiruddin menjelaskan, BPBK mengitim data keperluan bantuan ke Provinsi untuk disalurkan kepada warga terdampak bencana.

“Data tersebut telah kita kirim ke Banda Aceh, agar beberapa rumah warga yang belum mendapatkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya bisa disalurkan,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi banjir sebut Amiruddin dalam tahun ini direncanakan akan dibangun tanggul pengaman tebing dibeberapa titik lokasi.

“Insya Allah, tahun ini akan dibangun beberapa titik lokasi tanggul pengaman tebing sungai dengan total anggaran mencapai Rp16 miliar lebih," rincinya.

Menurut Amiruddin,  banjir yang terjadi disebabkan banyaknya sungai di Abdya sudah dangkal. Maka perlu dilakukan normalisasi.

“Kita berharap kedepan bisa menggandeng instansi terkait untuk mengajukan dana normalisasi sejumlah sungai agar tidak terjadi banjir lagi,” demikian tutupnya. (*)

Komentar

Loading...