Kasus Dugaan Penyelewengan Dana BUMdes di Selesaikan Secara Kekeluargaan

Kasus Dugaan Penyelewengan Dana BUMdes di Selesaikan Secara Kekeluargaan
Musyawarah penyelesai kasus penyeleweng dana BUMDes |Foto: Seramoe/HA

SEURAMOE SIMEULUE – Dugaan Kasus penyelewengan dana penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa Lantik (BUMDes) oleh oknum pengurus berinisial “RH” berakhir secara damai.

Kasus yang sempat menjadi perbincangan warga desa Lantik, diselesaikan secara kekeluargaan memalui musyawarah bersama antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), aparatur desa dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Camat Teupah Barat Syafrinudin SH, MH serta Babinkhantibmas setempat turut hadir dalam musyawarah yang diadakan di Kantor Desa Lantik, selasa (27/11/2018)

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya diputuskan kasus itu dianggab selesai dengan catatan RH harus mengembalikan dana sejumlah Rp 23.500.000 ditambah denda Rp 6.500.000 dan sanksi adat berupa membersihkan saluran pembuangan air mesjid.

Menurut Plt Kades Lantik Subroto, pengembalian uang dan denda harus dilunasi RH selambat-lambatnya pada tanggal 28 Desember 2018. Bila pada waktu yang ditentukan RH tidak melunasi, maka kasusnya akan di limpahkan ke pihak berwajib.

Sementara Camat Teupah Barat, Syafrinudin, SH, MH yang hadir dalam musyawarah tersebut berharap agar kasus ini jangan pernah terulang lagi, serta dapat dijadikan pembelajaran untuk semua agar kedepan tidak melakukan hal sama dan perbuatanmelanggar hukum.

"Kasus-kasus yang seperti ini janganlah terulang lagi, ambil pelajaran dari semua ini, jadikan kasus ini yang terakhir terjadi di desa Lantik", harap Syafrinudin.

Sebagai mana dibritakan Seuramoe sebelumnya, dana penyertaan modal pengembangan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lantik Kecamatan Teupah Barat Simeulue raib dari tabungan. RH diduga telah mencairkan dana tersebut dan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Raibnya dana tersebut pertama kali di ketahui Jumat (23/11/2018) saat jajaran BUMDes ingin merobah spesimen bank dari pengurus lama ke pengurus baru. Dari print out rekening koran diketahui dana sisa Rp 18.869.117 telah dicairkan. (*) 

SRM/HA

Komentar

Loading...