Pemubunan Jendral Soleimani

Hubungan Iran-AS Memanas, Perang Dunia ke III Didepan Mata?

Hubungan Iran-AS Memanas, Perang Dunia ke III Didepan Mata?DAKWATUNA/BASEERA
Pasukan Garda Revolusi Iran

TAHERAN | Pemimpin dan rakyat Iran marah besar atas meninggalnya Komandan Pasukan Elit Garda Revolusi Iran Jenderal Qassem Soleimani akibat serangan teror Amerika Serikat (AS).

Kemurkaan Iran terhadap AS ditunjukkan dengan pengibaran bendera merah dihalaman Masjid Jamkaran, sebuah tempat ziarah Syiah di kota suci Iran Qom saat pemakaman Suleimani.

Tidak itu saja, di Taheran dan sejumlah kota besar rakyat Iran turun ke jalan meminta negaranya untuk membalas serangan AS. “Matilah Amerika” teriak mereka.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei bersumpah akan melakukan pembalasan atas meninggalnya Soleimani dengan menunjuk Brigjen Esmail Qaani sebagai komandan Pasukan Quds, Garda Revolusi Iran.

Tanda-tanda akan pecah “perang terbuka” antara Iran dengan AS sudah mulai terlihat menyusul terjadi dua serangan ke area dekat Kedubes AS di Irak pada Sabtu dan Minggu 4 dan 5 Januari lalu.

Sementara  AS mendeteksi pasukan rudal Iran dalam kondisi siaga tinggi. Namun belum terkonfirmasi apakah  “siaga tinggi”  itu dalam bentuk bertahan atau akan menyerang.

Jubir Garda kepada telivisi nasional Iran mengatakan, Garda Revolusi Iran dan pasukan-pasukan Muslim anti-AS akan membalas atas pembunuhan Qassem Soleimani.

"Garda Revolusi, rakyat Iran dan front perlawanan Muslim akan membalas tumpahnya darah Soleimani," tekan Ramezan Sharif.

Bila itu terjadi, akankah perang Duni ke III meletus? Mari kita lihat dan tunggu. (*)

Komentar

Loading...