Geger Tugu Mirip Palu Arit PKI di Tol Madiun

Geger Tugu Mirip Palu Arit PKI di Tol MadiunKompas.com
Geger Tugu Mirip Palu Arit PKI di Tol Madiun

SEURAMOE JAKARTA - Jagat media sosial dihebohkan dengan keberadaan tugu di Gerbang Tol (GT) Madiun. Patung iconic tersebut disebut-sebut mirip dengan simbol palu arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia ( PKI) di masa lalu.

Bahkan sejumlah warga sempat meminta tugu bercat putih itu dibongkar karena mengandung unsur PKI. Terlebih, Madiun sendiri memiliki catatan sejarah kelam terkait pemberontakan PKI.

Tugu yang disebut-sebut menyerupai palu arit itu sebenarnya merupakan lambang identitas operator tol tersebut.

Tugu tersebut berada di jalan tol yang dikelola PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Direktur Utama JNK Dwi Winarsa, menjelaskan kalau tugu iconic JNK yang menjulang tinggi dan melingkar itu punya makna filosofis tersendiri.

"Dilihat dari sisi sudut tertentu Tugu Iconic membentuk huruf J-N-K. Tugu menjulang vertikal jika dilihat dari arah barat ke timur membentuk huruf “J”," jelas Dwi dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/2/2020). 

"Lengkung jalan tol yang melingkar jika dilihat dari atas akan membentuk huruf “N”. Serta yang terakhir, secara keseluruhan jika dilihat dari arah SS Madiun ke arah timur akan membentuk huruf “K”," tambahnya.

Sumber:kompas.com

Komentar

Loading...